Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye Keselamatan Berkendara Grup Astra

Kompas.com - 15/04/2014, 14:21 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Astra International Tbk (Grup Astra), menggulirkan program "Indonesia, Ayo Aman Berlalu Lintas" di Gedung Pusat Astra, Sunter, Selasa (15/4/2014). Kegiatan ini merupakan bentuk wujud komitmen perusahaan mengajak masyarakat membudayakan keselamatan berkendara di jalan raya.

Peresmian program dilakukan bersama Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia, Inspektur Jenderal Polisi Pudji Hartanto, Presiden Direktur Grup Astra Prijono Sugiarto, dan jajaran direksi Astra.

"Situasinya sudah sangat memprihatinkan, setiap jam ada tiga nyawa melayang di jalan raya. Untuk itu butuh kesadaran dari semua pihak, kepolisian, mitra, dan masyarakat," jelas Pudji di sela peluncuran program.

Pongki Pamungkas, Kepala Korporasi Komunikasi, Keamanan, Lingkungan, dan Tanggung Jawab Sosial Grup Astra menjelaskan, kampanye keselamatan berkendara sudah menjadi program rutin yang dilakukan perusahaan bersama anak perusahaannya. "Mulai dari sekolah sampai mengajarkan safety riding ke perusahaan-perusahaan sudah kami lakukan. Ini upaya lebih membudayakan keselamatan berlalu lintas di jalan," beber Pongki.

Ada tiga program yang dilaksanakan dalam program ini. Pertama, panduan keselamatan berlalu lintas bagi pelanggan. Caranya dengan memberikan buku panduan untuk mengemudikan kendaraan, keamanan berkendara, termasuk meghembuskan topik ajakan mendukung keselamatan berkendara dalam kegiatan konsumen.

Kedua, panduan keselamatan berlalu lintas bagi masyarakat. Sosialisasi keselamatan via talk show di radio dan konten media sosial. Menggalakkan tujuh tips utama, yakni wajib punya SIM, konsentrasi dalam berkendara tanpa telepon genggam, kendaraan kondisi prima, klik helm, sabuk pengaman, tidak mengantuk, berhenti di belakang garis putih, serta anti bahu jalan dan trotoar.

Ketiga, kampanye keselamatan berlalu lintas kepada pelajar di sekolah. Program ini sudah digulirkan oleh anak perusahaan, melalui program Melalui Astra Berbagi Ilmu ke sekolah memengah, atas, sampai perguruan tinggi. "Sudah jadi kewajiban bagi kami untuk ikut aktif dalam menyosialisaikan program ini," tutup Prijono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com