Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Ribu Innova dan Fortuner di ASEAN Bermasalah!

Kompas.com - 10/04/2014, 10:59 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Bangkok, KompasOtomotif – Hanya berselang beberapa jam setelah Toyota Motor Corporation (TMC) mengumumkan recall 6,4 juta unit mobil di dunia, ranting bisnisnya di Thailand langsung bereaksi. Toyota Motor Thailand langsung ikut mengumumkan kampanye perbaikan massal terhadap 206.000 unit Fortuner dan Innova karena masalah disfungsi kantung udara (airbag).

Dalam keterangan resminya, seperti dilansir The Nation (9/4/2014), Toyota Thailand mengatakan langkah ini merupakan bukti pelayanan perusahaan pada keselamatan konsumen, meskipun belum ada hal buruk yang terjadi menyangkut masalah ini.

“Kami bersikeras kalau recall, artinya semua konsumen diinformasikan untuk membawa mobil mereka ke bengkel resmi terdekat untuk pemeriksaan dan perbaikan. Proses ini tidak mengeluarkan biaya, menunjukkan tanggung jawab kami pada produk dan Toyota memang peduli,” jelas Wakil Presiden Senior Toyota Thailand, Vudhigorn Suriyachantananont.

Malaysia
Dari Malaysia, Toyota juga melakukan hal serupa terhadap pikap Hilux, Fortuner, dan Innova produksi 2005-2010. Total unit yang dicurigai bermasalah mencapai 82.457 unit. Permasalahannya juga sama, menyangkut disfungsi airbag karena kabel puntir yang kemungkinan putus saat pemakaian kendaraan.

Distributor lokal, seperti dilansir Paultan (9/4/2014), UMW ToyotaMotor Sdn Bhd mengatakan, akan mengontak semua konsumen yang mobilnya dicurigai bermasalah. Semua kendaraan akan diperiksa dan diperbaiki atau diganti komponennya jika terbukti  bermasalah, gratis.

Toyota Motor Philippines (TMP) juga langsung mengumumkan hal serupa, membungkus recall ini dalam kampanye spesial bertajuk “kampanye servis spesial”. Unit usaha Toyota di Filipina ini tidak menyebutkan spesifik berapa unit Innova, Hilux, dan Fortuner yang bermasalah, tapi memberikan periode waktu produksi, antara November 2004-Juni 2010.

Sementara dari India, Toyota Kirloskar Motor (TKM) mengumumkan recall terhadap 44.989 unit Innova rakitan Februari 2005 sampai Desember 2008 dengan permasalahan yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com