Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ferrari California Turbo Siap Melenggang di Geneva

Kompas.com - 13/02/2014, 13:03 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Geneva, KompasOtomotif - Ferrari siap meluncurkan varian terbaru California kupe convertible Turbo yang lebih hemat tapi tetap bertenaga. Model tersebut akan dipajang di Geneva Auto Show 2014. Jantung pacu akan menggantikan mesin V-8 lawas yang ada pada model terdahulu, dengan tambahan turbo, sehingga lebih efektif menghasilkan tenaga tetapi lebih ramah lingkungan.

Mesin baru ini diklaim lebih irit 15 persen konsumsi BBM-nya ketimbang versi sebelumnya dalam penggunaan harian. Tapi, justru lebih bertenaga dengan berhasil meraih "virtually zero turbo lag" ketika dites. Mesinnya, 3.9 liter, injeksi langsung, mengasilkan tenaga 559,6 PS, mampu dikebut 0-100 kpj dalam 3,6 detik, mencapai kecepatan maksimum 316 kpj.

Ferrari/Netcarshow Mesin baru dengan turbo.
Perbandingan
Dalam pengujian, rata-rata konsumsi BBM yang dicapai 10,5 liter per 100 km atau 9,5 kpl dan gas pembuangan karbondioksida 250 gram per km. Jika dibandingkan model sebelumnya, dengan mesin 4.3 liter, V-8, menghasilkan teaga 489,6 PS, mengonsumsi 13 liter bensin per 100 km atau 7,69 kpl dan gas buang (CO2) 299 gram per km.

Varian yang diberi nama California T ditawarkan dengan desain kemudi baru, sistem suspensi terkini, dan sistem pengatur traksi sama seperti yang dikembangkan pada mobil balap F1. Di dasbor, kini ada layar sentuh 6,5 inchi yang bisa memutar file digital baik gambar atau musik.

Ferrari/Netcarshow Desain interior lebih segar dengan layar sentuh 6,5 inchi.
Sedan kupe ini berkonfigurasi 2+2 dengan atap keras tetapi bisa dilipat. Proses pelipatan dan penutupan atap ini butuh 14 detik, bisa dilakukan ketika mobil lagi berjalan. Desain eksterior diserahkan sepenuhnya kepada rumah desain Pininfarina. Panjang California T tercatat 4.570 mm dengan bobot bersih 1.625 kg.

Ferrari berencana mulai menjual California T musim panas 2014 di Eropa, dan menyusul Amerika Serikat, paruh kedua pada tahun yang sama. Belum ada pengumuman resmi berapa banderol California T, tapi dipastikan kalau varian ini tetap menjadi yang termurah di antara yang lain. Sebagai panduan, model lawas California dibanderol mulai 186.723 euro (Rp 3,03 miliar) di Italia.

Ferrari/Netcarshow Desain hasil kreasi Pininfarina.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com