Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Dari India

Datsun Go Mulai Dirakit Indonesia pada April 2014

Kompas.com - 04/02/2014, 07:51 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Chennai, KompasOtomotif - Datsun selangkah lagi kembali ke Indonesia. Hal ini dipastikan Vincent Cobee, Head of Datsun Corporate Vice President kepada wartawan di Chennai, India, Senin (3/2/2014) malam. Indonesia menjadi negara kedua setelah India sebagai basis produksi. 

"Produksi dimulai pada musim semi tahun ini (April-Juni 2014). Saya pastikan di awal musim semi. April, saya juga mau meresmikan Datsun di Rusia dan Afrika Selatan," jelas Cobee.

Sampai saat ini PT Nissan Motor Indonesia (NMI) terus berupaya merampungkan pabrik keduanya di Kawarang, Jawa Barat. Selain itu, juga sedang menjalani verifikasi dari Surveyor Indonesia, penyelia program mobil harga terjangkau dan ramah lingkungan (LCGC). 

"Semua kelengkapan sudah diserahkan, tinggal masuk proses peninjauan oleh Kementerian Perindustrian dan Surveyor. Mudah-mudahan lancar," jelas Indriani Hadiwidjaja, Head of Datsun Indonesia.

Kalau India meluncurkan Go, Datsun Indonesia justru akan melepas Go+ MPV bawah lebih dulu sesuai dengan permintaan konsumen. Setelah itu menyusul Go untuk bertempur dengan Agya, Ayla, Brio Satya dan Karimun Wagon R. 


Ekspor
Untuk tahap pertama di Indonesia, Cobee mengatakan Datsun fokus pada pasar domestik. Untuk pasar ASEAN yang mulai terbuka mulai 2015, potensi ekspor cukup besar. 

"Berdasarkan urutan, negara paling potensial untuk tujuan ekspor itu adalah Filipina, Vietnam, dan Myanmar. Kalau Malaysia dan Thailand punya kebijakkan berbeda dan bukan prioritas," tegas Cobee.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com