Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda CBR1800R?

Kompas.com - 16/05/2013, 11:59 WIB

Washington DC, KompasOtomotif – Pernahkah Anda membayangkan CBR bermesin 1.800 cc? Tenaganya pasti bakal berlipat, jauh melebihi CBR1000RR! Itulah yang dilakukan Cedric Smith, teknisi dari Everett Powersport di Washington DC, Amerika Serikat (AS) yang berhasil mewujudkan Honda CBR1800R! Masterpiece itu kini dipajang di depan bengkelnya, dijadikan simbol sebagai prestasi yang sulit ditandingi oleh mekanik lain.

Sosok sepeda motor itu tidak lazim, khususnya mesin. Setelah diamati, ternyata punya Honda Gold Wing, 1.800cc enam silinder! Bagi yang melihat muncul pertanyaan, bagaimana handling dan performanya? Dari penampilan, dinilai elegan dan rapi. Namun bagaimana dengan penyakit bawaan  mesin hasil kanibal atau "rongsokan” yang bisa menimbulkan suara fals?

Gold Wing
Menurut Kneeslider, yang mendapat penjelasan langsung dari Cedric via telepon, kreasinya itu bermula dari Gold Wing utuh yang ingin dijadikan sepeda motor ringkas dan tidak gambot. Muncul ide untuk mencomot mesinnya dan menggunakan sosok sepeda motor lain.

Gold Wing dipreteli, menyisakan rangka dan mesin. Cedric menggabungkan subrangka CBR, lantas ditambahi bodi CBR model 2005 edisi Repsol aftermarket. Meski ingin mempertahankan semua komponen dari Honda, sokbreker depan dinilainya lebih cocok diadopsi dari Suzuki GSX-R.

Bagian belakang tetap mempertahankan milik Gold Wing, termasuk lengan ayun. Namun ban pakai yang lebih lebar dengan sedikit memodifikasi cekungan lengan ayun. Pipa knalpot yang keluar dari blok mesin dilapisi keramik karena kini terlihat jelas. Di samping itu, untuk mengurangi imbas panas ke kaki. Dengan mempertahankan rangka Honda Gold Wing, jarak sumbu rodanya tetap panjang.

Enam lubang gas buang dirancang ulang dengan konfigurasi 6-2-1. Tiga pipa knalpot di kanan dibelokkan ke tengah belakang menuju ke atas. Sama halnya dengan tiga lainnya di kiri. Kini, sepeda motor ini bukan lagi disebut CBR bermesin Gold Wing, tapi Gold Wing diet!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com