Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pebalap yang Bertarung di F1 2013

Kompas.com - 07/01/2013, 15:16 WIB

KompasOtomotif - Persaingan di ajang balap mobil F1 musim 2013 bakal lebih seru. Pasalnya, juara dunia 2012 Sebastian Vettel bersama tim Red Bull Racing (RBR) -juga juara dunia komstruktor- bakal mendapat perlawanan lebih ketat dibandingkan tahun lalu. RBR tampil masih dengan formasi pebalap yang sama Vettel dan Mark Webber.

Selain Red Bull, dua tim papan atas juga tampil dengan susunan pebalap yang sama. Seperti Ferrari masih diperkuat pasangan Fernando Alonso dan Felipe Massa dan Lotus dengan Kimi Raikkonen dan Romain Grosjean. Sedang McLaren yang tahun ini menaikkan Jenson Button sebagai pebalap utama ditemani mantan tim Sauber Sergio Perez.

Tim Mercedes yang ditinggal Michael Schumacher (pensiun) termasuk yang diperhitungkan oleh lawan. Duet Lewis Hamilton yang hijrah dari McLaren bersama Nico Rosberg menjadi kekuatan yang membahayakan. Apalagi Lewis diposisikan sebagai pebalap utama.

Meski lomba seri pertama masih dua bulan lagi (Maret di Australia), tapi 11 tim yang sudah memastikan diri tampil telah mempersiapkan pebalapnya. Dari tahun lalu, selain Michael Schumacher, Bruno Senna yang tahun lalu berada di belakang kemudi Williams, kontraknya tidak diperpanjang. Posisinya digantikan oleh Valtteri Bottas yang tahun lalu sudah sering diturunkan Williams setiap latihan resmi.

Selain Bottas, pendatang baru lainnya ada Esteban Gutierrez yang direkrut Sauber untuk disandingkan sama Nico Hulkenberg. Sementara tim Caterham baru mencantumkan nama Charles Pic sebagai pebalap pertama, jok kedua masih diperbutkan antara Vitaly Petrov (Rusia), Bruno Senna, dan Giedo van der Garde. Tampaknya, peluang lebih besar kepada Petrov karena kemungkinan ia membawa sponsor.

Ditinggal Nico Hulkenberg, tim Force India menaikkan status Paul di Resta sebagai pebalap utama. Pendamping pebalap asal Inggris ada dua nama yang kuat dari beberapa yang digosipkan seperti Brunno Senna, Luiz Razia, Jaime Alguersuari dan Sebastian Buemi (dua nama terakhir mantan pebalap Toro Rosso). Kedua nama tersebut adalah Adrial Sutil dan Jules Bianchi.

Secara pengalaman, tentu ada pada Sutil dan sudah menujukkan performanya sama India Force. Tapi, dari sisi sponsor, peluang lebih pada Bianchi yang sangat dekat dengan Ferrari. Kebetulan, tim kuda jingkrak itu juga menyuplai mesin ke Force India dan tidak lagi ke Toro Rosso yang dikabarkan memakai Renault.

Formasi pebalap tim F1 2013

Red Bull            :Sebastian Vettel / Mark Webber
Ferrari                :Fernando Alonso/ Felipe Massa
McLaren            :Jenson Button /Sergio Perez
Lotus                 :Kimi Raikkonen/ Romain Grosjean
Mercedes         :Lewis Hamilton /Nico Rosberg
Sauber              :Nico Hulkenberg/ Esteban Gutierrez
Force India       : Paul di Resta/ Adrian Sutil, Jules Bianchi
Williams           :Pastor Maldonado/ Valtteri Bottas
Toro Rosso      :Daniel Ricciardo /Jean-Eric Vergne
Caterham         :Charles Pic/ Petrov, Senna,Van der Garde
Marussia           :Timo Glock /Max Chilton

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com