Jumat, 1 Agustus 2014

Otomotif


Toyota Nav 1 Dibanderol Rp 378 Juta

Penulis: Agung Kurniawan | Selasa, 11 Desember 2012 | 12:11 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
  • Sumber : KompasOtmotif | Author : Agung Kurniawan

    Johnny Darmawan usai meresmikan peluncuran Nav 1

  • Sumber : KompasOtmotif | Author : Agung Kurniawan

    Johnny mengasih unjuk bangku baris kedua bisa diputar

Jakarta, KompasOtomotif — PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan Nav 1 (baca: Nav-one) di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Selasa (11/12/2012). Produk yang bernama asli Noah ini ditawarkan dalam dua varian, yakni "G" dibanderol Rp 378 juta dan "V" Rp 398 juta on the road Jakarta.

Johnny Darmawan, Presiden Direktur TAM, mengatakan, Toyota Indonesia mendapat kepercayaan untuk melengkapi jajaran segmen multipurpose vehicle (MPV) oleh prinsipal Toyota Motor Corporation (TMC). Produk ini kemudian dipilih untuk dirakit di Indonesia.

"Saya mau Toyota Indonesia punya segmen yang komplet, hadirnya produk ini melengkapi segmen MPV kami," jelas Johnny di sela peluncuran.

Nav 1 diposisikan mengisi ceruk di antara Innova dan Aphard. Dijelaskan oleh Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran TAM, bahwa konsep mobil ini sebagai mobil keluarga yang nyaman dikendarai. "Kalau Alphard kan lebih banyak duduk sebagai penumpang di belakang, sedangkan Innova mayoritas mengendarai sendiri. Nah, Nav 1 berkendara sendiri, tetapi menawarkan kemewahan premium di balik kemudi," tambah Joko.

MPV 7-penumpang ini dipasangi mesin 37R-FAE 2.0 liter yang mengadopsi teknologi Valvematic. Mampu mengatur momen buka tutup katup mesin lebih presisi sehingga efektif menghasilkan tenaga maksimum sekaligus irit bahan bakar dan emisi rendah.

Nama lokal

Selain melengkapi segmen MPV, Toyota Indonesia diberikan kehormatan memilih sendiri nama untuk produk ini. "Setelah ditimbang-timbang, akhirnya kami memilih nama Nav 1, kependekan dari Navigator 1," lanjut Johnny.

Maksud dari Navigator 1 mencerminkan kenyamanan terbaik yang ditawarkan untuk konsumen yang mengemudikan. "Ibaratnya duduk di balik kemudi, mobil bisa jalan sendiri saking mewahnya," kelakar Johnny.

Perbedaan utama antara Noah dan Nav 1 ada pada detail desain wajah. Selebihnya, relatif sama dengan yang dipasarkan importir umum.


Editor : Bastian