Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesta Bikers Tanpa Narkoba

Kompas.com - 18/10/2012, 19:56 WIB

Jakarta, KompasOtomotif –CST Tire menyiapkankan wadah berkumpul bagi para biker, yaitu Indonesia Bikers Day (IBD) di Pakir Timur Senayan pada  27 Oktober mendatang.  Event ini dirancang dengan sejumlah program, termasuk atraksi para freestyler, memperingati hari Sumpah Pemuda dan gerakan anti narkoba.

Acara ini digagas PT Sumber Multi Jaya Nusantara (SMJN), distributor ban sepeda motor merek CST dengan menggandeng sejumlah organisasi seperti Gerakan Mencegah Daripada Mengobati (GMDM), International Stunt Association (ISA), komunitas Horsepower, hingga Karsa Mixima (SAMA) sebagai kreator drag race di Indonesia.

”Intinya, acara ini diselenggarakan untuk memperingati hari Sumpah Pemuda 28 oktober. Temanya 'Menyatukan Rasa Membuang Ego dan Menggiatkan Gerakan Anti Narkoba'. Diharapkan semua bikers ngumpul di sini, mulai sepeda motor kecil hingga komunitas sepeda motor besar,” terang Dannies Lie, Direktur SMJN dalam jumpa pers di Thamrin City, Jakata Pusat, hari ini (18/10).

Kolaborasi berbagai pihak itu melahirkan banyak agenda. Salah satu yang paling menarik adalah kompetisi freetsyle yang dipandu oleh ISA. Pemenangnya akan diberi kesempatan unjuk kebolehan dalam salah satu eksibisi freetyle di China. Lalu ada drag bike competition, diikuti 450 peserta terbagi dalam 12 kelas. Kontes modifikasi juga ada! 

Anti Narkoba
Salah satu acara yang patut diapresiasi adalah komitmen memberangus narkoba. Kongkritnya, setiap peserta kompetisi freestyle dan drag bike dites urinnya lebih dahulu. Tujuannya, untuk memastikan bebas dari pengaruh obat-obatan terlarang. Jika positif ditemukan unsur narkoba, peserta akan dibina GMDM untuk diberikan pengarahan dan penyuluhan.

”Kami juga menyiapkan booth khusus untuk sosialisasi narkoba, dan kami akan mempresentasikan ciri-ciri pemakai narkoba dan memamerkan segala macam obat-obatan terlarang. Bukan untuk memancing, tetapi sosialisasi kepada keluarga. Siapa tahu, anggota keluarganya mempunyai ciri-ciri pemakai, supaya lebih cepat dicegah,” ujar Jefri T Tambayong dari GMDM.

IBD akan diselenggarakan sejak Sabtu (27/10) pagi hingga Minggu (28/10) dini hari. Di penghujung acara ,akan diikrarkan Sumpah Pemuda agar semangat nasionalisme terangkat  dan memacu generasi muda untuk berkarya lebih baik demi Negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com