Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Toyota Yaris 2009

Wuih, Gerak-Gerik Balita Terdeteksi Lewat Monitor

Kompas.com - 10/09/2012, 12:17 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Signal Kustom Built dari Bandung dengan modifikator Andre menggandeng Pioneer dan Autovision untuk mewujudkan  tema "Fungressive : Sporty+Trendsetter Attitude" pada lomba modifikasi Toyota Yaris Show Off 2012, akhir pekan lalu.

Multimedia
Karena bentuk eksterior Yaris harus terlihat seperti standar, maka sentuhan "ekstrem" dilakukan pada interior. Di sini, Andre dan dan timnya mengarahkan pada penggunaan secara maksimal multimedia dan beberapa gadget yang semuanya menempel di ruang kabin. Mulai dari Head Unit (HU) MIXTRAX buatan Pioneer yang dapat me-remix lagu tanpa henti layaknya memiliki DJ private di dalam kabin. Selain itu, HU dapat diubah jadi virtual dasbor yang dikoneksikan APP Command via OBD Wi-fi sehingga dapat menampilkan seluruh data mobil dan memiliki Google map.

Kaca samping mobil dikasih tambahan elektroda agar bisa digunakan sebagai layar untuk menyaksikan film dari proyektor yang dipasang di plafon. Ketika tidak sedang memutar film, layar elektroda bisa di nonaktifkan dan kembali kaca terlihat bening.

Ada lagi fitur deteksi wajah pengemudi (Face Recognition System). Sistem keamanan ini akan non-aktif ketika wajah pengemudi sesuai dengan memori termasuk bisa membuka ketiga kunci pintu. Selain itu ada OBD Wi-fi yang disetting pada android fungsinya menampilkan panel meter yang dibenamkan di setir.

Di baris belakang Andre memberikan sentuhan personalisasi dengan memasang kursi balita yang dibuat secara kustom. Untuk membuat balita betah, tersedia monitor untuk menyaksikan film kesayangan dengan sistem terpisah dari HU utama. Ada juga iPad serta iPhone yang sudah dibungkus dalam bingkai model setir. Di atas monitor ada  kamera yang terkoneksi dengan monitor di depan. Sehingga orang tua bisa melihat aktivitas si kecil tanpa harus melongok ke belakang.

Body Ekstrem
Guna menarik perhatian, eksterior juga dirombak tanpa menghilangkan identitas Yaris. Ada body kit yang bersifat tempelan dan rombakan yang menggunakan bahan serat karbon. Penggembungan fender merupakan bentuk penyelarasan pelek offset keluar dengan lebar 9,5 inci merek SSR type C. Pelek ini terbilang spesial karena dibuat dengan sistem Semi Solid Forging atau Heat Treatment Manufacturing yang ringan namun kuat.

Untuk lebih mengentalkan kesan sporty dan trendy, body diberi sentuhan air brush  memadupadankan hampir 20 warna dengan tema The Yellow Dino. Pemilihan karakter tersebut  asli dibuat oleh anak bangsa dan bukan jiplakan animasi Jepang atapun kartun Amerika. Pengerjaan untuk keseluruhan grafis memakan waktu 2 minggu mulai dari desain hingga coating varnish final.

Total biaya yang telah dihabiskan proyek ini sekitar Rp 500 juta dan dibuat selama 6 bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com