Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota 86 Versi "Drift" dengan Mesin Super Galak!

Kompas.com - 06/08/2012, 16:12 WIB

Tokyo, KompasOtomotif - Drift seakan cocok sebagai habitat baru Toyota 86. Beberapa modifikator ternyata sudah memperkenalkan 86, salah satunya Speedhunters yang bekerjasama dengan KW Suspension dengan proyek bernama Toyota 86X.

Modifikasi paling ekstrem dilakukan terhadap mesin, diganti total dengan milik Supra 2JZ-GTE. Dari kapasitas, mesin ini lebih besar, begitu juga tenaga yang dihasilkan. Mesin pengganti ini berkapasitas 3.0 liter, 6-silinder, juga telah dioprek sehingga menghasilkan tenaga dari semula 280 PS dan trosi 431 Nm, kini menjadi 640 PS dan torsi 802Nm. Ruaarrr... biasa! Mau yang lebih ganas lagi, juga ada! Kapasitas 3,4 liter dan mampu menghasilkan tenga 800 PS dan torsi 1.000 Nm. 

Transmisi
Transmisi juga diganti dengan menggunakan  manual 4 percepatan buatan Mid Valley. Ditunjang juga kopling menggunakan model 3 lapis (triple clutch) produk Advanced Clutch Technology (ACT) lengkap dengan roda gila khsus (fly wheel). Dan untuk memastikan tenaga tetap tersalur dengan baik ke roda, as roda menggunakan produk  Ingar sementara akselnya dari Driveshaft Shop.

Agar bisa meliuk-liuk dengan gesitdi lintasan drift, suspensi diracik khusus oleh KW Suspensions. Sokbreker mengadopsi model 3-Way Race Kits, dan komponen lain dibuat lebih kaku. 

Untuk keselamatan, 86X dipasangi roll cage buatan JH Linnerud yang sudah mengikut standar regulasi FIA dan Formula Drift. Begitu pula dengan sabuk keselamatan, jok dan tombol-tombol di dasbor.

Sementara tampilan, kaca samping dan belakang milik 86X diganti dengan akrilik agar lebih ringan. Sementara fender depan dan belakang dipermak menggembung. Tujuannya agar pelek dan ban dengan ukuran lebih besar bisa dipasang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com