Rabu, 23 April 2014

Otomotif


Uiih... Toyota Liva Seliweran di Jakarta!

Penulis: Agung Kurniawan | Kamis, 10 Maret 2011 | 09:39 WIB
|
Share:
  • Sumber : - | Author : Taufik-TMCblog.com

    Toyota Liva ketangkap kamera di Indonesia

  • Sumber : - | Author : Taufik-TMCblog.com

  • Sumber : - | Author : Taufik-TMCblog.com

    Ada selang dari kap mesin ke dalam kabin mobil. Juga perhatikan posisi lampu sein di sisi bodi, sama dengan versi di India

JAKARTA, KOMPAS.com — Rencana PT Toyota Astra Motor (TAM) memasarkan produk termurahnya, Toyota Liva, di Indonesia tampaknya bisa dipastikan tahun depan. Meski sumber dari TAM sendiri belum berani memberi kepastikan, Kompas.com sudah punya bukti kuat. Hatchback dari Etios tersebut terekam kamera oleh salah satu rekan blogger Ibu Kota, Taufik—pengasuh tmcblog.com—lagi test ride di salah satu jalan bebas hambatan luar kota Jakarta, awal Maret 2011.

"Waktu itu, saya  pulang kantor dan bertemu iring-iringan tiga mobil yang mencurigakan di Tol Jagorawi, langsung aja difoto dan sempat bersampingan dengan mobil itu," ujar Taufik kepada Kompas.com,  Rabu (9/3) kemarin.

Dari gambar yang berhasil diabadikan Taufik, sosok yang dicurigai sebagai Liva itu terlihat tertutup rapat oleh plakban, terutama pada bagian gril, lampu depan-lampu belakang, sampai emblemnya, membuat identitasnya tersamarkan. Selain itu, Liva juga menggunakan velg kaleng (standar)  hitam membuat makin tak apik dipandang.                                                                                                                 
Meski tertutup, Kompas.com memprediksi mobil ini memang benar Liva karena sesuai dengan komentar salah satu direksi Toyota di Indonesia yang berniat memasarkannya paling cepat 2012. Apalagi kalau disandingkan dengan gambar Liva yang ada di India, benar-benar mirip 99 persen!

Taufik menegaskan, dua kendaraan yang mengiringi Liva merupakan city car, yakni Hyundai i10 dan Chevrolet Spark. Ketiganya melesat dengan kecepatan konstan 80 km per jam. Kalau dari gayanya, sepertinya Toyota tengah melakukan uji coba konsumsi bahan bakar karena langsung diadu dengan para rival yang mengincar segmen yang sama, city car dengan kapasitas mesin 1.000-1.200 cc.

"Saya juga melihat ada semacam selang yang menembus dari kap mesin menuju kabin dalam mobil melalui kaca samping," ujar Taufik. Selang yang berada di kaca pintu ini kemungkinan menjadi salah satu alat ukur tes konsumsi bahan bakar.

Sekadar informasi, Toyota baru mengumumkan menunda peluncuran perdana Liva di India yang semula April menjadi Juni 2011. Liva merupakan versi hatchback dari sedan Etios yang sudah terlebih dahulu diluncurkan Desember 2010 dan laris sampai mencatatkan inden yang panjang.


Editor : Bastian