Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Motor Pertahankan Dominasi Teratasnya

Kompas.com - 08/02/2011, 09:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Honda Motor (AHM) semakin menunjukkan tajinya di pasar sepeda motor nasional, setelah di Januari lalu berhasil mengukuhkan total penjualan 331.596 unit, melesat 53,3 persen dari bulan yang sama tahun lalu 216.176 unit. Yamaha harus puas di posisi kedua dengan angka niaga 276.586 unit (naik 11,9 persen).

Kenaikan Honda yang diraih di awal tahun kelinci ada hubungannya dengan peningkatan kapasitas produksi 4 juta unit untuk tahun ini dari sebelumnya 3,5 juta unit. Dengan demikian, Honda harus bisa menjaga rata-rata penjualan per bulan dikisaran 340.000 unit.

Sigit Kumala, Senior General Manager Sales Division AHM mengatakan, Honda perlu memenuhi permintaan yang menumpuk di Desember karena produksi menurun. "Desember pabrik overhaul (perbaikan), jadi kita tingkatkan (produksi) bulan kemarin," papar Sigit kepada Kompas.com, kemarin (7/2).

Kenaikan penjualan, lanjut Sigit, tak terjadi di semua wilayah Indonesia, khususnya Provinsi Jawa Timur, Kalimantan Tengah dan Maluku yang menetapkan pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) lebih tinggi (15 persen) dari daerah lain (rata-rata 10 persen). "Turunnya sampai 10-15 persen dibandingkan penjualan tahun lalu," tambahnya.

Sementara Yamaha, mempunyai kapasitas produksi 3,6 juta unit, berarti rata-rata penjualan bulannya sekitar 300.000 unit.Kecuali, manajemen garputala berani menaikkannya lagi produksi - sama seperti Honda - atau menambah model-model baru, kemungkinan bisa menggeser posisi seterunya itu.

Paulus Sugih Firmanto, General Manager Promotion and Motor Sport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) menambahkan, pasar sepeda motor Januari 2011 cukup menjanjikan. Cuma, ia mengkhawatirkan penerapan pajak progresif bisa mengganggu potensi pertumbuhan.

"Pajak progresif bisa menunda orang beli kendaraan baru. Misalnya tahun ini STNK habis bulan Agustus, mereka baru akan menjual pada Juli supaya tak terbebani pajak progresif kalau ingin beli kendaraan baru," jelas Paulus.

Suzuki yang berada di posisi ketiga, juga berhasil meningkatkan penjualannya menjadi 47.611 unit naik 18,3 persen jadi 40.225 unit. Di belakangnya ada Kawasaki 8.520 unit, naik 35,6 persen dari 6.279 unit.

Dari data penjualan keempat merek Jepang-menyumbang 95 persen lebih total pasar sepeda motor nasional- yang diterima Kompas.com, bisa disimpulkan pasar sepeda motor Januari 2011 melambung 31, 8 persen menjadi 664.313 unit dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya 503.840 unit. Ini dipicu dengan diluncurkan sejumlah model baru akhir 2010 dan awal tahun ini, antara lain, Yamaha Jupiter MX, Lexam, Honda Beat, Revo Absoute dan Suzuki Shogun Axelo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com