Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Auto2000 Pasarkan Land Cruiser Pikap dan Wagon

Kompas.com - 19/01/2011, 09:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Melalui Auto2000,  Toyota memperlihatkan ujud Land Cruiser (TLC) pikap atau bak terbuka VJ79 yang diimpor utuh  (CBU) dari Australia untuk dipasarkan di Indonesia. Kendaraan 4x4 ini menggunakan mesin diesel 6-silinder segaris, 4,2 liter, 96kW yang diperoleh pada 3.800 rpm dan torsi 285 Nm  @2.200 rpm. 

TLC menggunakan suspensi  per  keong (depan) dan daun (belakang) dan diklaim mampu berjalan baik di kemiringan 41 derajat. Tambahan snorkle di  sisi kanan  mencegah air menyelinap ke saluran isap (intake manifold). Karena itu, Land Cruiser ini mampu menerjang genangan air atau sungai dengan ketinggian air 700 mm.

Untuk keamanan, mobil ini dilengkapi airbag pada lingkar kemudi, sabuk pengaman (seat bealt), dan rem cakram pada dua roda depan.

Jodjana Jody, Chief Executive Officer PT Astra International Tbk-Toyota Sales Operation, mengatakan, TLC pikap diimpor  untuk memperkuat pasar niaga Toyota sekaligus memenuhi permintaan perusahaan pertambangan dan perkebunan di Indonesia. "Kami tidak  menyetok unit. Siapa yang mau, pesan, kita sediakan unitnya," ujar Jody.

Selain model pikap, Toyota juga berniat memasarkan TLC wagon dengan label Troop Carrier atau disebut juga hardtop. Varian ini dasarnya sama dengan pikap, hanya berbeda bodi  karena kabin dilengkapi tiga deret jok dan bisa menampung 10 penumpang.

Kedua varian dibandrol masing-masing Rp 680 juta dan Rp 730 juta per unit on the road Jakarta. Diperkirakan harga tersebut  bisa berubah bila Toyota langsung secara resmi memasarkannya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com