Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Skydrive Stabil berkat "Engine Stabilizer"

Kompas.com - 13/09/2010, 08:05 WIB

KOMPAS.COM - Modifikasi skutik beraliran low rider lebih didominasi dua merek, Honda dan Yamaha. Untuk merek lain, seperti Suzuki sangat terhitung dengan jari. Apalagi pengalaman menyebutkan jika merek ini sangat kurang stabil jika dipanjangkan sumbu rodanya lantaran model undur-undurnya beda.

Faktor inilah yang membuat Hendri Chopper dari Roda Jaya Motor (RJM) di Malang, Jawa Timur merasa tertantang untuk memodifikasi Suzuki Skydrive 2009. Apalagi penggunaan undur-undur sampai 30 cm, " Pasti rasanya sangat tidak stabil," cerita Hendri.

Solusinya, Hendri menambahkan semacam engine stabilizer dengan mengandalkan sokbreker variasi yang aslinya buiat Yamaha Mio. "Karena itu, jika dilihat sepintas dari belakang seperti ada dua sokbreker. Padahal, yang berfungsi sebagai peredam kejut suspensi hanya 1 sokbreker," tergas rpia 30 tahun ini.

Stabilizer tadi, bagian bawahnya dibautkan ke undur-undur dan bagian atasnya di las ke rangka. Jadi, walau meswin mundur jauh, katanya, at belok tetap stabil. "Ini merupakan jurus yang bisa dibanggkan dan harus dipamerkan.

Meski membuat bodi kit cukup lebar di samping, tujuannya untuk menonjolkan stabilizer tadi. Jika terlindung oleh bodi, kata Hendri, tak ada serunya. Bodi kit yang terbuat dari bahan fiber itu diberi motif berlubang untuk menonjolkan stabilizer tersebut.

Untuk seluruh bodi mengandalkan bahan fiber dan hanya menyisakan lampu depan- belakang yang masih orisinal. Untuk aliran low rider ada dua genre, yakni finshing dan tampilan. Hendri pilih yang terakhir, dengan alasan, selain jaran dimodifikasi seperti ini, masih dikenali aslinya. (Nurfil)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com