Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Titik Rawan Kecelakaan Lalin di Garut

Kompas.com - 01/09/2008, 12:25 WIB

GARUT, SENIN - Bila  Anda berencana ingin bepergian ke Garut, Jawa Barat beserta keluarga naik kendaraan pribadi hendak berlebaran di sana atau mengunjungi sanak saudara di bulan Ramadhan ini, ada baiknya perhatikan titik-titik rawan ketika memasuki wilayah kota Dodol ini.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Hilman Faridzs mengatakan, di wilayahnya terdapat lima lokasi rawan kecelakaan lalulintas. Karenanya, menjelang terjadinya ledakan arus mudik dan balik Lebaran akan diupayakan pemasangan rambu-rambu.

"Pemasangan rambu lalulintas dan kelengkapan rambu pendahuluan petunjuk jalan (RPPJ) dilakukan di lima lokasi rawan kecelakaan, yakni Kecamatan Limbangan, Bayongbong, Leles, Malangbong dan kawasan perkotaan,"ungkap Hilman, Senin (1/9).

Persiapan kelengkapan pemasangan rambu dan RPPJ juga dilakukan pada ruas jalan lainnya. Sebab, selama ini sedikitnya 57 rambu dan tiga RPPJ hilang sehingga tahun ini ada penambahan sebanyak 67 rambu dan 16 RPPJ.

Namun demikian, Hilman mengatakan, pemasangan rambu lalulintas menjadi tidak akan efektif, jika kondisi ruas jalan rusak dan berlubang. Ia mencontohkan, seperti kondisi di ruas jalan kabupaten dan ruas jalan provinsi yang kualitasnya seperti jalan desa, terutama di wilayah selatan Garut.
    
Lebih lanjut ia meminta masyarakat ikut berperan menjaga dan memelihara rambu lalu lintas, sebab meski terus dilakukan pemasangan rambu baru tetapi terus-menerus terdapat kasus pencurian menjadi tidak efektif.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com