Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda CVT Motor Matik Minta Segera Diservis

Kompas.com - 18/10/2024, 07:22 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - CVT (Continuously Variable Transmission) pada motor matik merupakan salah satu komponen vital yang mempengaruhi kenyamanan berkendara.

Jika CVT mengalami kerusakan, performa motor akan terganggu, mulai dari akselerasi yang lambat hingga suara berisik saat digunakan.

Oleh karena itu, penting bagi pengendara untuk mengenali gejala-gejala kerusakan CVT agar bisa segera melakukan perbaikan dan mencegah kerusakan yang lebih parah.

Baca juga: Lorenzo Yakin Bisa Jadi Juara Dunia dengan Ducati yang Sekarang

Menurut Purnomo, pemilik Tamaro Motor, beberapa tanda umum kerusakan CVT adalah akselerasi motor yang terasa berat dan suara mendengung atau berdecit saat gas diputar.

"Kalau motor terasa lebih lambat meski sudah di-gas maksimal, atau ada suara mendengung dari area CVT, itu pertanda bahwa CVT perlu diperiksa," ucap Purnomo kepada Kompas.com, Kamis (17/10/2024).

Purnomo menjelaskan bahwa masalah pada CVT biasanya disebabkan oleh komponen yang sudah aus, seperti belt CVT atau roller yang mulai mengalami kerusakan.

"Belt CVT yang sudah aus bisa membuat daya motor tidak tersalurkan dengan baik, dan roller yang rusak bisa membuat CVT tidak bekerja dengan lancar," kata Purnomo.

Ilustrasi servis CVT motor matik.Wahana Honda Ilustrasi servis CVT motor matik.

Selain itu, ia juga menekankan pentingnya melakukan perawatan rutin, seperti mengganti oli CVT secara berkala dan membersihkan bagian CVT dari kotoran.

"Perawatan CVT sebenarnya sederhana, cukup rutin mengganti oli CVT dan membersihkan bagian dalamnya dari debu dan kotoran yang menempel," ujar Purnomo.

Baca juga: Tes Lengkap Honda Stylo 160 CBS, Ulas Fitur sampai Biaya Servis

Dengan perawatan yang tepat, pengendara dapat menjaga performa CVT motor tetap optimal dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Perbaikan dan perawatan CVT yang tepat tidak hanya membuat motor kembali nyaman digunakan, tetapi juga memperpanjang usia pakai komponen CVT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau