Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Singkat Mobil Listrik Hyptec HT Perjalanan Jakarta-Bogor

Kompas.com - 16/10/2024, 15:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan pertama kali dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 lalu, Hyptec HT menjadi salah satu mobil listrik terbaru yang menyita perhatian.

Bagaimana tidak, kendaraan asal China tersebut menghadirkan berbagai aspek menarik sebagai mobil listrik mewah bergaya elegan dan stylish. Mobil juga ditawarkan dengan harga awal yang terjangkau, Rp 680 juta.

Guna membuktikan kualitas produk ini, Aion Indonesia lantas mengajak sejumlah rekan media untuk menjajal langsung Hyptec HT dengan rute Jakarta-Bogor-Jakarta pada Selasa (15/10/2024).

Baca juga: Aion Indonesia Segera Mendatangkan 200 Unit Hyptec HT

Hyptec HTdok.Aion Hyptec HT

Selama media test drive terdapat beberapa aspek yang menjadi catatan redaksi Kompas.com, terkhusus mengenai pengalaman berkendara yang terbilang unik.

Ketika pertama kali memasuki kabin mobil, nuansa Hyptec HT menyajikan kemewahan dengan tata letak dashboard yang bersih dari semua tombol pengaturan dan sederhana.

Seluruh pengaturan mobil terpusat lewat layar monitor berukuran 14,6 inci yang berada di tengah kabin. Sementara tombol di setir kemudi, hanya ada satu tombol di sisi kiri dan kanan untuk memilih menu tertentu.

Untuk memudahkan pengendara, mobil juga sudah support voice comment berbahasa Inggris, dengan awalan menyapa “Hello Baby”. Dilanjutkan permintaan misalnya “turn-off AC” dan lain sebagainya.

Kehadiran jok semi bucket yang dibungkus dengan nappa leather juga meningkatkan kenyamanan berkendara. Uniknya, pada sandaran leher di jok pengemudi terdapat speaker sehingga bisa mendengar lebih jelas keitka ada telepon atau pesan suara masuk.

Baca juga: Aion Indonesia Ungkap Target CKD Mei 2025

Interior Hyptec HTKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Interior Hyptec HT

Setelah mengatur posisi berkendara, redaksi pun langsung mencap gas Hyptec HT dengan etape Bogor-Jakarta. Pengoperasian transmisi mobil cukup unik tapi simpel, model tuasnya digeser naik turun di balik setir.

Saat memacu mobil di kecepatan 25 kpj, ada fitur pendestrian sound, yang berguna untuk memberi tahu para pejalan kaki, pesepeda, bahkan pengguna motor bahwa ada mobil yang akan lewat.

Tetapi ketika pengendara ingin daya tambahan, tinggal dibejek sedikit saja Hyptec HT akan langsung melaju. Sebab kendaraan dilengkapi motor listrik yang mampu menyuplai tenaga 250 kW atau 335 HP dengan torsi 430 Nm.

Performa ini didukung dengan Magazine Battery 2.0. Dengan kapasitas 83 kWh yang mampu menjelajah hingga 600 km.

Hyptec HT dilengkapi dengan 4 pilihan drive mode, mulai dari Comford, Sport, Eco, dan Custom sehingga tingkat sensitifitas akselerasi dan rem bisa disesuaikan dengan karakter dan kebutuhan selama berkendara.

Untuk handling, menurut redaksi mobil ini memiliki bantingan suspensi yang terbilang nyaman, karena tidak terlalu keras namun juga tak begitu empuk.

Baca juga: Perbedaan Reset, Remap, dan Flash ECU Motor

Hyptec HTKOMPAS.com/Greg Hyptec HT

Dengan begitu, mobil terasa tetap stabil meskipun bermanuver dalam kecepatan yang cukup tinggi. Gejala body roll-nya sangat minim tapi bukan berarti tidak ada sama sekali.

Rasanya racikan kaki-kaki yang mengusung konstruksi Double Wishbone Independent di bagian depan dan Five-link Independent di belakang, terasa pas.

Di samping itu, mobil juga berbagai fitur keselamatan canggih yang tergabung dalam ADAS serta dukungan sistem pengereman darurat dan stabilitas kontrol dari ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau