Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Benar Mematikan AC Bikin Mobil Lebih Kuat Menanjak?

Kompas.com - 02/10/2024, 13:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Kondisi jalan di Tanah Air tak lepas dari tanjakan, pasalnya sebagian besar wilayah Indonesia berbukit. Maka dari itu, tak hanya irit BBM, mobil juga dituntut tangguh untuk melewati tanjakan.

Namun faktanya, masih banyak mobil yang mengalami gagal menanjak. Sebagian orang beranggapan salah satu cara agar mobil kuat menanjak adalah dengan mematikan AC. Lantas, benarkah demikian?

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan sebagian besar AC mobil memanfaatkan putaran mesin untuk menggerakkan kompresor.

Baca juga: Video Truk Gagal Menanjak di Pelabuhan, Efek Kelebihan Beban


“Kompresor merupakan bagian dari perangkat AC, perannya membuat freon bertekanan tinggi, sehingga wujud zat freon bisa berubah dari cair menjadi gas, perubahan wujud zat tersebut menghasilkan hawa dingin yang dimanfaatkan oleh sistem,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Selasa (1/10/2024).

Hardi mengatakan, dengan mematikan AC maka kompresor tidak akan berputar, sehingga tidak membebani kerja mesin. Dengan demikian, seluruh tenaga dapat disalurkan pada masing-masing roda penggerak.

“AC menyala sangat berdampak pada tenaga yang dihasilkan mesin, sehingga dengan mematikan AC maka diharapkan mobil lebih kuat menanjak dan mempertinggi peluang keberhasilan,” ucap Hardi.

Baca juga: Efek Terlalu Lama Menahan Tuas Transmisi di Posisi L/1 saat Menanjak

Ilustrasi mobil menanjak.kompas.com Ilustrasi mobil menanjak.

Sementara itu, menurut Hardi, faktor yang mempengaruhi suatu mobil bisa melibas tanjakan cukup kompleks. Mulai dari muatan, besarnya tenaga mesin, mobil sehat, kemiringan medan jalan, roda penggerak dan keterampilan pengemudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau