Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Tidak Tertipu, Simak Proses Coating Mobil yang Benar

Kompas.com - 23/09/2024, 19:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak cara untuk membuat cat mobil mengilap, salah satunya adalah dengan cara coating. Sayangnya, saat ini masih sedikit orang yang paham apa dan bagaimana coating seharusnya.

Tak sedikit dari mereka yang tertipu dengan bengkel nakal yang menawarkan biaya coating rendah, padahal yang dilakukan adalah poles mobil. Bahkan, ada juga pemilik kendaraan yang diminta mengeluarkan kocek lebih dalam, dengan alasan agar proses melapisi mobil bisa lebih maksimal.

Agar tidak tertipu, ada baiknya konsumen memahami beberapa tahapan dalam melakukan coating.

Baca juga: Honda City Type Z Banyak Diminati Konsumen Mobil Bekas, Harga Rp 50 Jutaan

Daniel pemilik Barcode Autodetailing mengatakan, pada jaman dulu banyak bengkel auto detailing yang menawarkan coating murah dengan memangkas proses pengerjaan sehingga hasilnya tidak maksimal.

Proses CoatingKompas.com/Nanda Proses Coating

“Perbedaan prinsipnya kalo zaman dulu coating murah memangkas step pengerjaan, kemudian pakai obat palsu. Sehingga hasil tidak maksimal daya tahan sebentar sekali,” ucap Daniel, saat ditemui di Gading Serpong, Tangerang, belum lama ini.

“Kalau coating itu, ada tiga tahapan, pertama itu memoles, kemudian dibersihkan secara detail dari debu dan lain-lain atau yang biasa kita sebut dengan auto detailing. Setelah itu baru coating,” lanjut Daniel.

Daniel melanjutkan, untuk pengerjaan total kurang lebih membutuhkan waktu dua hari, tergantung dari kondisi mobil.

Sementara itu, Christopher Sebastian, Presiden Direktur Top Coat Indonesia, turut mengungkapkan hal senada. Menurutnya, dalam melakukan coating itu melalui beberapa tahapan.

"Banyak yang dibilang kalau coating di tempat kami itu tiga lapisan (layer) atau beberapa layer. Pada dasarnya kalau coating itu memang harus melalui proses beberapa layer dulu," kata Christopher.

Baca juga: Honda City Type Z Banyak Diminati Konsumen Mobil Bekas, Harga Rp 50 Jutaan

Christopher menambahkan, pada dasarnya, sebelum mulai coating mobil tersebut harus dibersihkan. Setelah itu, baru bisa lakukan proses coating.

"Auto detailing saja ada tiga tahapan, belum lagi proses coating memang secara dasarnya ada tiga tahapan juga, sampai benar-benar selesai," ujar Christopher.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau