Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Model MG Siap Ramaikan Pasar Indonesia

Kompas.com - 13/01/2020, 07:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini pasar otomotif Indonesia bakal kedatangan pemain baru. Merek mobil asal Inggris blasteran China, yakni Morris Garage atau MG, dipastikan siap mendarat tak lama lagi.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Putu Juli Ardika, menjelaskan bila MG saat ini sedang melakukan permohonan uji tipe.

"Untuk merek itu (MG) memang kami sudah sempat bicara, saat ini mereka sedang dalam proses permohonan uji tipe dulu," ujar Putu kepada Kompas.com, saat bertemu pada peluncuran fasilitas perakitan Elvindo di Cikupa, Tangerang, Sabtu (11/1/2020).

Baca juga: Mengenal Calon SUV Baru di Indonesia, MG HS dari Thailand [VIDEO]

Putu menjelaskan ada dua model MG yang sedang melakukan permohonan uji tipe. Sayangnya, dia enggan menjelaskan lebih lanjut mengenai apa saja model dan siapa yang nantinya akan menangani pemasarannya di Indonesia.

Begitu juga untuk kapan kepastian proses permohonan pengujiannya bisa selesai. Hal tersebut lantaran ada beberapa tahapan yang akan dilakukan sebelum nantinya merek yang telah dibeli oleh perusahaan pelat merah asal China, yakni SAIC Motor (SAIC-GM-Wuling), tersebut benar-benar mengaspal di Tanah Air.

"Ada dua model yang berbeda jadi MG menjalani dua uji tipe yang berbeda, modelnya nanti lah. Setelah permohonan uji tipe, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan pengujian lalu baru keluar sertifikat uji tipe, selanjutnya tinggal uji coba di lapangan. Untuk waktu kapan selesainya kita tunggu saja," ujar Putu.

Baca juga: MG Selangkah Lagi Masuk Indonesia

Tak hanya Kemenperin, sebelumnya Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi, juga sudah menyatakan bila pihaknya telah bertemu dengan perwakilan MG. Nangoi menjelaskan bila MG memang dijadwalkan akan masuk Indonesia dan menjadi anggota Gaikindo pada awal 2020.

Deretan mobil keluaran MG yang dipamerkan di Thailand International Motor Expo 2019Kompas.com/Donny Deretan mobil keluaran MG yang dipamerkan di Thailand International Motor Expo 2019

"Kita sudah sempat bertemu, MG akan segera mengurus kelengkapan dokumen dan menjadi anggota Gaikindo pada awal 2020," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com