Raize Kembaran Daihatsu Rocky Mau Dijual di Indonesia, Ini Kata Toyota

Kompas.com - 21/11/2019, 06:36 WIB
Toyota Raize resmi meluncur di Jepang Toyota Raize resmi meluncur di Jepang

BOGOR, KOMPAS.com - Toyota sudah resmi meluncurkan Raize untuk pasar otomotif Jepang, pada awal November 2019. Model ini merupakan mobil kompak pertama yang diproduksi oleh Daihatsu Motor Co.Ltd, menggunakan platform DNGA.

Semua aspek, termasuk mesin dan performanya merupakan hasil pengembangan baru dan belum ada pada model Toyota lain. Bukan hanya itu, sport utility vehicle ( SUV) kompak ini pun digadang-gadang akan dijual di pasar otomotif Indonesia.

Baca juga: Lebih Gagah, Toyota Raize Hadir dalam Varian TRD dan Modellista

Ketika hal itu ditanyakan, Executive General Manager Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, sejauh ini belum ada pernyataan yang mengerucut ke arah itu. Sebab, proses perjalanannya masih cukup panjang, dan Toyota harus terus berkomunikasi dengan Daihatsu.

Antara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, sama-sama dibekali sistem penggerak Dynamic Torque Control 4WD. daihatsu.co.jp Antara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, sama-sama dibekali sistem penggerak Dynamic Torque Control 4WD.

"Sebab, tidak semuanya produk yang dijual Daihatsu atau kolaborasi, kita juga bisa jual. Tetapi, sejauh ini kita terus akan melakukan diskusi dengan Daihatsu di Indonesia," ujar pria yang akrab disapa Soerjo di Sirkuit Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (20/11/2019).

Soerjo melanjutkan, perlu diingat juga pasar atau karakteristik konsumen di Indonesia sendiri cenderung lebih memilih multi purpose vehicle (MPV) ketimbang SUV. Hal itu terbukti dengan jajaran produk Toyota di Tanah Air ini didominasi oleh MPV, mulai yang kelas bawah hingga premium.

Baca juga: Alasan Daihatsu Rocky Lebih Mahal dari Toyota Raize

Raize sendiri, kata Soerjo merupakan SUV kompak yang memiliki konfigurasi lima orang penumpang. Tetapi, secara segmen itu Toyota terutama di Indonesia belum punya.

Toyota Raize resmi meluncur di Jepang Toyota Raize resmi meluncur di Jepang

"Tetapi sekali lagi, belum bisa kami informasikan sekarang, karena butuh waktu banyak dan prosesnya masih cukup panjang. Kita juga punya tim product planning yang akan menentukan model mana yang cocok dengan kondisi dan selera konsumen di Indonesia," ucap Soerjo.

Spesifikasi Toyota Raize

Toyota Raize resmi meluncur di Jepang Toyota Raize resmi meluncur di Jepang

Toyota rupanya hanya merilis Raize dalam satu pilihan mesin berkode 1KR-VET yang memiliki kubikasi 1.000 cc tiga silinder lengkap dengan turbo.

Toyota mengklaim tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut setara mesin konvensional berkapasitas 1.500 cc. Menariknya, Raize dan Rocky pun kini sudah menggunakan transmisi CVT, tak lagi matik konvensional.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X