Test Drive Mobil Baru Honda Accord 2019

Mata Pintar Honda Accord untuk Meminimalisasi Blind Spot

Kompas.com - 25/07/2019, 13:02 WIB
Test drive mobil baru Honda Accord 2019 HPMTest drive mobil baru Honda Accord 2019

Karawang, KOMPAS.com - Salah satu kelemahan pengemudi ketika hendak berpindah jalur adalah, titik buta (blind spot) area samping kendaraan.

Kerap kali pengguna jalan lain memberi sinyal keberadaannya menggunakan klakson saat kita hendak berpindah jalur. Bahkan peringatan yang diberikan cukup galak atau mungkin diikuti dengan umpatan pengendara lain.

Baca juga: Ada yang Baru, Honda Accord 2.4 L Setop Dijual

Padahal ketika pengemudi melihat spion samping tidak terdeteksi adanya kendaraan lain. Hal tersebut terjadi karena kendaraan tersebut berada di area blind spot spion samping.

Kasus ini membuat Honda merasa perlu memasang "mata" tambahan pada mobil baru Accord yang diluncurkan di GIIAS 2019.

Kamera pada spion samping Honda Accord 2019HPM Kamera pada spion samping Honda Accord 2019

Di ujung bagian atas spion sebelah kiri dipasang kamera untuk memantau titik buta area kiri. Tampilan visual kondisi samping bisa dilihat pada head unit ketika sein kiri aktif. Jika tidak mengaktifkan sein maka visualisasi tidak akan muncul.

Fitur ini sangat membantu pengemudi memantau titik buta untuk menghindari tabrak serempetan dengan pengendara di samping.

Kondisi titik buat di sebelah kiri Honda AccordKompasOtomotif - AFH Kondisi titik buat di sebelah kiri Honda Accord

Sayangnya Honda seperti separuh hati menghadirkan kamera pada spion samping. Sebab spion sebelah kanan tidak dipasangi kamera.

Alasannya klise, kamera hanya dipasang di sisi kiri untuk memudahkan pengemudi ketika hendak masuk jalur lambat. Pergerakan tersebut yang dianggap penting dan kerap menjadi handycap setiap pengemudi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.