Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Test Drive Mobil Baru Honda Accord 2019

Mata Pintar Honda Accord untuk Meminimalisasi Blind Spot

Kompas.com - 25/07/2019, 13:02 WIB
Aris F Harvenda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Karawang, KOMPAS.com - Salah satu kelemahan pengemudi ketika hendak berpindah jalur adalah, titik buta (blind spot) area samping kendaraan.

Kerap kali pengguna jalan lain memberi sinyal keberadaannya menggunakan klakson saat kita hendak berpindah jalur. Bahkan peringatan yang diberikan cukup galak atau mungkin diikuti dengan umpatan pengendara lain.

Baca juga: Ada yang Baru, Honda Accord 2.4 L Setop Dijual

Padahal ketika pengemudi melihat spion samping tidak terdeteksi adanya kendaraan lain. Hal tersebut terjadi karena kendaraan tersebut berada di area blind spot spion samping.

Kasus ini membuat Honda merasa perlu memasang "mata" tambahan pada mobil baru Accord yang diluncurkan di GIIAS 2019.

Kamera pada spion samping Honda Accord 2019HPM Kamera pada spion samping Honda Accord 2019

Di ujung bagian atas spion sebelah kiri dipasang kamera untuk memantau titik buta area kiri. Tampilan visual kondisi samping bisa dilihat pada head unit ketika sein kiri aktif. Jika tidak mengaktifkan sein maka visualisasi tidak akan muncul.

Fitur ini sangat membantu pengemudi memantau titik buta untuk menghindari tabrak serempetan dengan pengendara di samping.

Kondisi titik buat di sebelah kiri Honda AccordKompasOtomotif - AFH Kondisi titik buat di sebelah kiri Honda Accord

Sayangnya Honda seperti separuh hati menghadirkan kamera pada spion samping. Sebab spion sebelah kanan tidak dipasangi kamera.

Alasannya klise, kamera hanya dipasang di sisi kiri untuk memudahkan pengemudi ketika hendak masuk jalur lambat. Pergerakan tersebut yang dianggap penting dan kerap menjadi handycap setiap pengemudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com