Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Avanza Tipe Bawah Kurang Laris di Bursa Mobil Bekas

Kompas.com - 28/06/2019, 15:42 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Avanza masih jadi salah satu nama paling populer di bursa mobil bekas (mobkas). Harga jual yang stabil dan ketersediaan suku cadang membuat mobil multiguna bawah ini terus dicari konsumen.

Kendati demikian, tidak semua tipe Avanza seragam di bursa mobkas. Tipe paling rendah yakni Avanza Tipe E disebut memiliki harga jual paling rendah, dan tidak selaris dua saudaranya yaitu Tipe G dan Veloz.

Baca juga: Beli Mobil Mewah Tahun Tua buat Dongkrak Gengsi

Seperti disebutkan Eko Wiyono, Pengelola Bursa Mobil BSD, sekaligus salah satu penjual mobkas dari showroom Tekno Bursa Mobil, yang mengatakan Avanza Tipe E lebih sulit laku ketimbang tipe lainnya.

Toyota Avanza mendarat di Malaysia Toyota Avanza mendarat di Malaysia

"Karena ada mindset di masyarakat kita bahwa itu tipe terendah. Padahal untuk mesin, eksterior dan interior itu tidak beda jauh dengan yang Tipe E, paling bedanya belum ada fog lamp dan spionnya masih manual," kata Eko kepada Kompas.com, Kamis (27/6/2019).

Baca juga: Secara Global, Teknisi Tata Motors Indonesia Terbaik Ke-3

Eko mengatakan, harga jual Tipe E dan Tipe G bisa terpaut Rp 10 jutaan, dan lebih tinggi lagi untuk Veloz yang memang diracik sebagai kelas tersendiri. Padahal terang Eko, perbedaan fitur Tipe E dan Tipe G tak terlalu jauh.

"Beda harganya lumayan jauh, padahal kalau kita upgrade cuma tambah spion sama fog lamp sudah hampir serupa. Kalau kita berikan modal juga masih murah tidak terlalu mahal, untuk Tipe G dan Veloz," kata Eko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com