Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Mudik, Jangan Lupa Servis Mobil Lebih Dulu

Kompas.com - 30/05/2018, 15:02 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai pekan depan dipastikan sudah banyak masyarakat yang melakukan perjalanan mudik, baik itu menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Buat yang pakai mobil sendiri, jangan lupa untuk melakukan pengecekan ke bengkel.

Sebelum berangkat, harus sudah dipastikan kondisi mobil benar-benar tidak ada masalah, agar tidak ada masalah selama di perjalanan menuju kota tujuan.

Menurut  Riecky Patrayudha, Assistan to Department Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), paling penting mengecek komponen yang bersifat fast moving atau komponen yang paling sering diganti.

"Bisa ke bengkel resmi atau bengkel umum, tetapi lebih baik ke bengkel resmi sesuai dengan merek, karena dijamin sumber daya dan lain sebagainya," kata Riecky, Senin (28/5/2018) di Jakarta Pusat.

Komponen tersebut, lanjur Riecky sangat penting. Misal, mengecek kampas rem, kopling, hingga mengganti oli apabila sudah seharusnya diganti.

Baca juga: Tips Mengemudi Buat Wanita yang Mau Mudik

Menurut dia, untuk konsumen Suzuki itu sendiri apabila menjelang musim mudik selalu ada peningkatan konsumen yang datang ke bengkel. Rata-rata semua mengecek kondisi mobil untuk digunakan pulang kampung.

"Karena hal seperti itu yang memang harus diperhatikan dan dilakukan pemilik mobil sebelum melakukan perjalanan jauh," ujar Riecky.

Ratno Yunarto, Service Dept Head PT Astra International Daihatsu juga mengatakan hal seperti itu. Menurut dia, pengecekan dimulai dari mesin, kemudian sistem pengereman, kaki-kaki, pendingin kabin (AC), lampu, aki, hingga kopling.

Semua komponen itu perannya vital pada kendaraan dan wajib dalam kondisi masih layak jalan. "Semoga dengan melakukan pengecekan sebelum mudik, bisa lebih nyaman dan aman," kata dia beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com