Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Superior Coach, Bus Retro yang Masih Beroperasi Hingga Kini

Kompas.com - 23/03/2018, 09:22 WIB
Alsadad Rudi,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) merupakan salah satu operator angkutan umum yang sudah berdiri sejak 1920. Selama beroperasi puluhan tahun, tercatat ada berbagai tipe dan merek bus yang digunakan perusahaan pelat merah ini, salah satunya Mercedes Benz OF 1113 Superior Coach.

Mercy Superior Coach adalah bus yang tercatat digunakan PPD sebagai bus kota di Jakarta pada era 1970-an. Hingga kini, bus retro ini masih beroperasi. Namun, bukan lagi sebagai angkutan penumpang, melainkan kendaraan storing atau pembantu teknis untuk bus lain yang bermasalah di jalan.

Superior Coach milik PPD merupakan salah satu dari sekian bus lawas yang dipamerkan dalam pameran Indonesia Classic N Unique Bus (Incubus) 2018 di Hall B Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat pada 22-24 Maret 2018.

Baca juga: Vario, Bus Jadul Mercedes yang Pernah Dipakai DAMRI

Mercedes Benz OF 1113 Superior Coach milik PPD. Bus ini merupakan salah satu dari sekian bus lawas yang dipamerkan dalam pameran Indonesia Classic N Unique Bus (Incubus) 2018 di Hall B Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat pada 22-24 Maret 2018.Azwar Ferdian/Otomania Mercedes Benz OF 1113 Superior Coach milik PPD. Bus ini merupakan salah satu dari sekian bus lawas yang dipamerkan dalam pameran Indonesia Classic N Unique Bus (Incubus) 2018 di Hall B Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat pada 22-24 Maret 2018.
Tidak seperti bus lain, penyelenggara tidak menempatkan bus PPD ini di dalam ruangan, tapi di bagian luar gedung pameran. Bersama dengan Mercy OH306 milik DAMRI, bus ini menjadi satu dari dua bus yang siap membawa pengunjung pameran berkeliling di arena JIEXPO.

Baca juga : Lebih Dekat dengan Pownis, Bus Kayu Asal Bangka

"Jadi selain melihat-lihat, kami juga ingin mengajak pengunjung untuk bernostalgia merasakan kembali suasana naik angkutan pada masa lalu," kata koordinator penyelenggara pameran Incubus 2018, Ahmad Maimun Fikri saat ditemui, Kamis (22/3/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com