Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap Wanita Jadi Juara Race II AP250 Buriram

Kompas.com - 04/03/2018, 18:42 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


Buriram, KOMPAS.com - Setelah gagal podium pada balap pertama (3/3/2018) di kelas Asia Production (AP) 250cc, akhirnya Muklada Sarapuech dari A.P. Honda Racing Thailand berhasil menjuarai balap kedua, Minggu (4/3/2018). Pebalap wanita ini sukses mengasapi para pembalap pria lainnya di Buriram International Circuit.

Muklada mulai terlihat agresif sejak dimulainya lomba. Beberapa pebalap mencoba bertarung menguasai posisi terdepan, namun Muklada tetap stabil mempertahankan posisinya.

Tiga pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), yakni Rheza Danica, Awhin Sanjaya, dan Mario Suryo Aji juga sempat kewalahan menghadapi Muklada. Ketegangan mulai terasa memasuki putaran ke lima saat Rheza mengambil posisi Muklada bergantian dengan Awhin.

Namun di beberapa tikungan, Muklada kembali berhasil menyodok Rheza dan menguasai posisi pertama beriringan dengan masuknya Mario di urutan ke empat setelah sempat tercecer hingga keluar lima besar.

Baca : Gebrakan Pebalap 13 Tahun Asal Indonesia di AP250 Buriram

Sisa tiga putaran, rombongan tim Yamaha mulai masuk dalam barisan untuk berkompetisi, bahkan M Faerozi dari Yamaha Racing Indonesia sempat memimpin sebelum akhirnya diambil alih kembali oleh Muklada.

Menariknya jelang tikungan akhir, terjadi pertarungan sengit antara Mario dengan salah satu pebalap dari Yamaha. Namun akhirnya Mario mampu menyelesaikan pertarungan dan masuk ke garis finis pada urutan lima.

Pebalap AP250 AHRT,  Mario Suryo Aji berhasil naik podium di Race I Buriram, Sabtu (3/3/2018) Pebalap AP250 AHRT, Mario Suryo Aji berhasil naik podium di Race I Buriram, Sabtu (3/3/2018)

Sayang, meski finis di posisi lima besar, namun Mario dinyatakan exceeding track limits atau melebihi batas lintasan sirkuit oleh race director yang membuat posisinya lengser hingga ke urutan 10 di bawah Rheza Danicia yang ada di urutan kesembilan.

"Yang pasti saya kecewa dengan hasil, namun ini adalah balap, ada baik dan buruk, dan saat ini bukanlah hari kami. Tapi saya tetap berfikir positif, kami perlu meng-improve di setiap aspek, jadi balap pembuka ini menjadi kesempatan untuk kami mengecek sebagai persiapan di laga berikutnya di Australia," ujar Presiden Direktur Astra Honda Motor (AHM) Toshiyuki Inuma di sirkuit Buriram, Minggu (4/3/2018)

Hasil Race 2 AP250 :

1. Muklada Sarapuech - A.P. Honda Racing Thailand
2. Rafid Topan Sucipto - Yamaha Yamalube KYT TJM WE Super Ba
3. Kanatat Jaiman - Yamaha Thailand Racing Team
4. Peerapong Boonlert - Yamaha Thailand Racing Team
5. Anupab Sarmoon - Yamaha Thailand Racing Team

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com