Begini Posisi Benar Pegangan Behel Motor

Kompas.com - 08/01/2018, 18:22 WIB
Behel sepeda motor, bukan cuma hiasan. Febri Ardani/KompasOtomotifBehel sepeda motor, bukan cuma hiasan.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Selain dada mepet punggung biker buat mengejar keseimbangan, boncenger juga harus memperhatikan postur tubuh lainnya saat berkendara, yaitu posisi tangan. Bila tidak membekap biker, maka posisi kedua tangan boncenger seharusnya sejajar dengan bahu dan memegang behel motor.

Baca: Begini Teori Berboncengan Motor yang Benar

Bagian motor yang tampak sederhana atau kadang cuma dianggap jadi penghias, behel, punya peran penting buat boncenger yakni tempat pegangan. Fungsi itu, ditambah buat pegangan saat parkir standar tengah dan menahan beban lebih agar bodi tidak rusak, adalah alasan penting jangan mencopot behel.

Behel Honda PCX 150.Fe Behel Honda PCX 150.

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) menjelaskan posisi tangan boncenger saat pegangan behel bukan di belakang, melainkan sejajar bahu. Postur tubuh seperti itu dinilai ideal dan mesti dipahami sebab posisi duduk boncenger juga menentukan keseimbangan biker.

“Jadi posisi tangan dekat pinggul. Coba lihat desain motor, behel itu sudah bukan dipegang ke belakang, tapi dekat pinggul kita,” ucap Jusri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.