Fasilitas Bus Premium Cibinong-Senayan, Setara Mobil Pribadi - Kompas.com

Fasilitas Bus Premium Cibinong-Senayan, Setara Mobil Pribadi

Kompas.com - 20/12/2017, 18:45 WIB
Bus Transjabodetabek Premium rute Mega Bekasi City ke Plaza Senayan diuji coba, Kamis (7/9/2017).KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Bus Transjabodetabek Premium rute Mega Bekasi City ke Plaza Senayan diuji coba, Kamis (7/9/2017).

 

Cibinong, KompasOtomotif - Warga Cibinong dan sekitarnya yang rutin bekerja di Jakarta kini punya tambahan satu moda transportasi umum. Namanya bus Transjabodetabek Premium.

Transjabodetabek Premium adalah layanan bus yang memiliki tarif Rp 30.000 per penumpang untuk sekali jalan. Harga ini tergolong mahal bila dibandingkan moda transportasi umum lainnya yang melayani dari Cibinong ke Jakarta.

Misalnya KRL Commuter Line yang dalam sekali jalan hanya dikenai tarif Rp 4.000. Belum lagi bus kota reguler yang tarifnya biasanya hanya sekitar Rp 9.000.

Baca juga : Spek Lengkap Bus Premium Rute Cibinong-Senayan

Namun Transjabodetabek Premium adalah bus milik Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) yang dioperasikan oleh Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD). Latar belakang dihadirkannya bus ini adalah untuk memancing pengguna mobil pribadi agar mau pindah naik angkutan umum. Hal inilah yang membuat bus memiliki fasilitas dengan tingkat kenyamanan dibuat hampir menyamai mobil pribadi.

"Dengan mendapatkan fasilitas yang hampir sama, pengguna mobil pribadi bisa lebih menghemat pengeluaran. Karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk bahan bakar dan membayar tol. Selain tentunya tidak perlu lagi letih mengemudi kaena macet di jalan," kata Direktur Utama PPD Pande Putu Yasa kepada KompasOtomotif, Rabu (20/12/2017).

Bus Transjabodetabek Premium rute Mega Bekasi City ke Plaza Senayan diuji coba, Kamis (7/9/2017).KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Bus Transjabodetabek Premium rute Mega Bekasi City ke Plaza Senayan diuji coba, Kamis (7/9/2017).

Transjabodetabek Premium menawarkan sejumlah fasilitas yang tidak akan ditemui di moda transportasi lainnya. Fasilitas tersebut meliputi jaringan internet atau Wifi, colokan listrik di tiap kursi, dan alat pengatur suhu atau AC.

Transjabodetabek Premium memiliki kapasitas 32 penumpang yang seluruhnya untuk penumpang duduk. Tidak ada handgrip untuk penumpang berdiri di bus ini, artinya tidak ada penumpang berdiri di bus ini.

Semua kursi dilengkapi sabuk pengaman dan menghadap ke depan. Selain itu, sandaran kursi bus dibuat lebih tinggi dari kursi bus kota pada umumnya. Tujuannya agar penumpang bisa menyandarkan kepalanya.

Semua fasilitas yang terdapat pada bus Transjabodetabek Premium Cibinong-Senayan ini sama dengan bus Transjabodetabek Bekasi-Senayan yang sudah beroperasi sejak beberapa bulan lalu.

"Jumlah keseluruhan bus ada 703 unit. Ke depannya kami akan operasikan juga rute lain ke wilayah yang masih ada di sekitar Jakarta," ucap Pande.


EditorAzwar Ferdian
Komentar
Close Ads X