Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Beri Sinyal ke Pemerintah Siap Pasok “Hybrid”

Kompas.com - 27/04/2017, 18:32 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kembali ikut dalam pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017, Toyota pajang hampir seluruh amunisi di booth-nya seluas 1.876 meter persegi di Hall D, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dibanding dengan pameran-pameran sebelunya, ada yang berbeda kali ini dari Toyota, bukan hanya soal booth tapi dari display produk. Seolah beriringan dengan gaung mobil ramah lingkungan yang sedang diupayakan pemerintah, Toyota beri panggung khusus untuk produk hybrid-nya di IIMS 2017.

Walaupun hanya dua produk, Camry dan Alphard Hybrid, ini setidaknya menjadi sinyal kalau Toyota sudah menyediakan plihan bagi masyarakat. Di mana memang saat ini, penjualannya masih terbilang sangat kecil, salah satunya karena harga yang mahal.

Yoshihiro Nakata, Presiden Direktur Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, kalau mereknya sudah memperkenalkan teknologi hybrid melalui Prius pada 2009. Sejak saat itu, Toyota mengukuhkan posisinya sebagai pelopor dalam teknologi hibrida.

“Mendukung pemerintah dalam perbaikan dan menyediakan kendaraan ramah lingkungan, pada momen ini, kami sediakan Hybrid Corner, yang harapannya dapat mengedukasi pelanggan dan memberikan pengetahuan yang lebih komprehensif tentang Toyota Hybrid System,” tutur Nakata, 27/4/2017).

Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) juga menyatakan kesiapannya akan mobil ramah lingkungan. Pihaknya hanya tinggal menunggu pemerintah membukakan jalan, agar mobil hybrid berkembang di dalam negeri, terutama dari sisi penjualan.

“Teknologinya kami sudah siap, hanya tinggal menunggu insentif atau beberapa kebijakan pemerintah yang bisa mendorong perkembangan mobil ramah lingkungan tersebut,” ucap Warih. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com