Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mungkinkah Chevrolet Diproduksi di Pabrik Wuling?

Kompas.com - 07/04/2017, 17:49 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, Otomania.com SGMW Motor Indonesia sebagai produsen mobil merek China, Wuling, di dalam negeri, bersaudara jauh dengan General Motors (GM) Indonesia. Walau demikian, hal itu belum memastikan keduanya bakal bekerja sama di Tanah Air.

Presiden Direktur GM Indonesia Gaurav Gupta menjelaskan memang ada investasi GM di SGMW Motor Indonesia, namun dua perusahaan ini adalah entitas yang berbeda. Jadi, keduanya menjalani bisnis masing-masing.

Komposisi kepemilikan SGMW Motor Indonesia, 50,1 persen dimiliki SAIC, salah satu perusahaan otomotif terbesar di China. Pemilik terbesar kedua adalah GM China sebesar 44 persen, sisanya dipunyai Guangxi Automobile Group (Wuling) dengan 5,9 persen.

Fasilitas manufaktur SGMW Motor Indonesia sudah berdiri pada lahan 60 hektar di Bekasi, Jawa Barat. Pabrik itu merupakan bagian dari investasi sebesar 700 juta dollar Amerika Serikat yang sudah disiapkan. Rencananya, MPV merek Wuling bakal jadi model produksi pertama yang dijual di dalam negeri.

Pertanyaannya, apakah mungkin GM Indonesia memanfaatkan pabrik SGMW Motor Indonesia untuk merakit mobil Chevrolet lagi di dalam negeri?  GM Indonesia berubah status lagi dari produsen ke distributor sejak menutup pabrik di Bekasi yang memproduksi Spin pada 2015.

“Kami saat ini fokus membawa produk dari Thailand dan Korea Selatan ke Indonesia. Sejauh ini tidak ada rencana (bekerja sama dengan SGMW Motor Indonesia) dalam waktu dekat, tetapi tidak tahu ke depannya,” kata Gaurav.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com