Mungkinkah Chevrolet Diproduksi di Pabrik Wuling?

Kompas.com - 07/04/2017, 17:49 WIB
Maket hasil investasi 700 juta dollar Amerika Serikat yang dilakukan SGMW Motor Indonesia. Donny Apriliananda/KompasOtomotif Maket hasil investasi 700 juta dollar Amerika Serikat yang dilakukan SGMW Motor Indonesia.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, Otomania.com SGMW Motor Indonesia sebagai produsen mobil merek China, Wuling, di dalam negeri, bersaudara jauh dengan General Motors (GM) Indonesia. Walau demikian, hal itu belum memastikan keduanya bakal bekerja sama di Tanah Air.

Presiden Direktur GM Indonesia Gaurav Gupta menjelaskan memang ada investasi GM di SGMW Motor Indonesia, namun dua perusahaan ini adalah entitas yang berbeda. Jadi, keduanya menjalani bisnis masing-masing.

Komposisi kepemilikan SGMW Motor Indonesia, 50,1 persen dimiliki SAIC, salah satu perusahaan otomotif terbesar di China. Pemilik terbesar kedua adalah GM China sebesar 44 persen, sisanya dipunyai Guangxi Automobile Group (Wuling) dengan 5,9 persen.

Fasilitas manufaktur SGMW Motor Indonesia sudah berdiri pada lahan 60 hektar di Bekasi, Jawa Barat. Pabrik itu merupakan bagian dari investasi sebesar 700 juta dollar Amerika Serikat yang sudah disiapkan. Rencananya, MPV merek Wuling bakal jadi model produksi pertama yang dijual di dalam negeri.

Pertanyaannya, apakah mungkin GM Indonesia memanfaatkan pabrik SGMW Motor Indonesia untuk merakit mobil Chevrolet lagi di dalam negeri?  GM Indonesia berubah status lagi dari produsen ke distributor sejak menutup pabrik di Bekasi yang memproduksi Spin pada 2015.

“Kami saat ini fokus membawa produk dari Thailand dan Korea Selatan ke Indonesia. Sejauh ini tidak ada rencana (bekerja sama dengan SGMW Motor Indonesia) dalam waktu dekat, tetapi tidak tahu ke depannya,” kata Gaurav.



Rekomendasi untuk anda
OTHER
(hapus)
(hapus)
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X