Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Datsun Berlukiskan "Jokowi-JK" Jadi Jawara Jakarta

Kompas.com - 18/12/2016, 08:31 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Hasil penjurian Datsun Xplore Your Style regional Jakarta telah usai. Datsun Indonesia mengumumkan, Sabtu (17/12/2016), pemenangnya adalah hasil modifikasi GO dengan tema “Indonesia Punya Cerita” garapan rumah modifikasi Tomi Airbrush.

Konsep modifikasi karya Tomi memang paling menjanjikan di antara para peserta lainnya, temanya jelas dan tegas. Cerita Indonesia ada di sekeliling bodi hatchback kategori “mobil murah” itu.

Febri Ardani/KompasOtomotif Di kap mesin Datsun "GO-PI Prototipe" karya Tomi Airbrush terdapat lukisan lambang burung garuda disertai gambar Presiden Indonesia Joko Widodo dan wakilnya Jusuh Kalla.
Di kap mesin ada burung garuda yang diapit foto Presiden Joko Widodo beserta wakilnya, Jusuf Kalla. Jika diperhatikan lagi, sekujur bodi terpampang detail etnis dari berbagai daerah di Indonesia yang dirangkai tumpang-tindih seperti motif ketupat.

Di bagian bodi yang lain, ada juga foto-foto Presiden Indonesia pada era sebelumnya. Tomi menjelaskan hal itu jadi penanda perjuangan bangsa Indonesia sampai sekarang. Seluruh elemen pada bodi dibuat dengan teknik airbrush di atas cat berwarna “permen jingga”.

Febri Ardani/KompasOtomotif Bernuansa performa dengan aplikasi berbagai elemen bodi.
“Kami serius sekali memikirkan tema ini, bagaimana caranya membuatnya berkesinambungan menjadi satu,” kata Tomi saat ditemui pada Jumat, (16/12/2016).

Febri Ardani/KompasOtomotif Wajah Datsun "GO-PI Prototipe" karya Tomi Airbrush mirip Lamborghini.
Datsun GO tidak kehilangan identitas walau, bentuk bemper sudah diganti oleh Tomi. Kit bodi di sekeliling didesain sendiri terinspirasi ciri khas Lamborghini. Meski begitu gril Datsun tetap dipertahankan.

Tambahan efek dramatis, sayap besar menumpuk di belakang. Menawarkan aura performa walau bagian internal mesin tidak diubah karena tidak masuk dalam penilaian juri.

Febri Ardani/KompasOtomotif Banyak perubahan pada sektor audio, di antaranya head unit 2DIN dan tombol pengaturan di setir.
Di kabin, Tomi mengerjakan sesuatu yang butuh ketelatenan yakni menambahkan pengaturan audio di kemudi. Bukan via infrared, Bluetooth, atau wi-fi, tapi Tomi merangkai ulang kabel-kabel agar tombol berfungsi normal seperti fitur standar pabrikan.

Selain jadi juara regional Jakarta, Tomi Airbrush juga memenangi tropi The Attractive Paint, The Airbrush Master, Stand Out Under Carriage, The Stylish Interior, dan The Risers Gadget. 

Hasil modifikasi Tomi bakal diadu lagi dengan pemenang Xplore Your Style 2016 regional Medan dan Surabaya untuk memperebutkan gelar "The King".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com