Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garansindo Cari Pemasok Lokal untuk Gesits

Kompas.com - 08/12/2016, 07:16 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Surabaya, KompasOtomotif – Proyek sepeda motor listrik milik Garansindo Group dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Gesits, terus bergulir. Perkembangannya sejauh ini, Garansindo sedang mencari peluang kerja sama dengan para pemasok komponen lokal buat memproduksi Gesits.

Pada (30/11/2016), Garansindo mengajak 59 pemasok komponen berkumpul mendiskusikan kemungkinan kerja sama bertempat di Gedung Puat Robotika di kampus ITS, Surabaya.

Febri Ardani/KompasOtomotif Detail Prototipe skuter listrik Garansindo.
Para pemasok itu berasal dari kalangan Usaha Kecil Menengah (UKM), Industri Kecil Menengah (IKM), dan Industri. Dalam siaran resmi Garansindo, Rabu (7/12/2016), disebutkan di antaranya PT PLN, PT WIKA, PT Indoprima Gemilang, Kelompok UKM Ngingas Sidoarjo, dan Kelompok UKM Pasuruan.

Sebagian besar undangan tertarik dan merasa mampu memproduksi komponen rangka Gesits, sebagian lagi berminat menggarap komponen aksesori. Hasil diskusi membuat Garansindo bisa memetakan kekuatan pemasok mendukung Gesits.

Garansindo Gesits sudah berhasil menyelesaikan etape uji coba, lebih dari 1.200 km.
“Kerja sama antara Gesits dan UKM/IKM/Industri menunjukan bahwa Indonesia memiliki kemampuan berkompetisi dalam industri otomotif dengan teknologi masa depan serta misi dan visi untuk kemandirian ekonomi bangasa dan semangat pengurangan polusi,” ujar Harun Sjech, Chief Sales Officer Garansindo Group.

Sebelumnya, Garansindo sudah menandatangani nota kesepahaman dengan Perusahaan Listrik Nasional dan Telkom sebagai bentuk dukungan untuk Gesits. Selain itu bantuan lain juga datang dari  kalangan akademika, Universitas Negeri Sebelas Maret (USM) akan membantu pengembangan baterai lithium dan Universitas Gajah Mada (UGM) membantu daur ulang baterai.

Skuter Gesits dengan satu motor listrik terisi baterai penuh bisa menempuh perjalanan sampai 80 – 100 km. Ada dua pilihan besar tenaga yang tersedia, yakni 3 KW dan 5 KW. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com