Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Yaris ”Crossover” Bocor, Siap Dipinang

Kompas.com - 21/10/2016, 11:16 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Semakin dekat menuju peluncuran, makin banyak bocoran mengalir. Sama halnya dengan rencana PT Toyota Astra Motor (TAM) menelurkan versi crossover dari Yaris yang diberi embel-embel Heykers.

KompasOtomotif mendapatkan bocoran foto sosoknya yang teronggok di diler Toyota, pertanda ”barang” ini siap melesat. Pertama kali kita melihat Yaris Heykers saat konsepnya dipajang di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, Agustus lalu.

Tidak banyak yang berubah dari sosok yang mejeng di GIIAS lalu. Sekeliling bodi tampak solid dengan adanya aksen hitam sebagai pelindung di bagian bawah mobil.

Di depan, lampu kabut lebih bold dengan bezel silver, plus muncul DRL LED yang menyatu dengan bemper. Ada semacam roofrail kecil yang menempel pada atap.

Istimewa Bagian belakang Toyota Yaris Heykers, makin gagah.
Bagian belakang, bemper juga sudah diberi aksen silver, tampak lebih gagah, lalu ditanam reflektor pada ujung kanan-kiri bemper. Ban tampak lebih besar, dan tentu saja, dimensi makin tinggi, karena Toyota yang coba menceburkannya di segmen crossover membekalinya dengan suspensi baru.

Seperti yang pernah diulas KompasOtomotif, berdasarkan penjelasan dari sumber Toyota, ground clearance Heykers setinggi 184 mm. Itu berarti lebih tinggi 35 mm dari Yaris saat ini, atau cuma 1 mm lebih ceper dari HR-V dengan 185 mm.

Versi produksi ini menggunakan suspensi TRD Sportivo, sama seperti yang dimiliki Rush TRD Sportivo. Postur jangkung juga didapat dari pemakaian pelek 17 inci. Heykers dan desain terbaru Yaris rencananya meluncur di Jakarta, 3 November 2016.

Kalau sudah begini, segmen crossover makin menarik disimak, karena Honda HR-V dan Suzuki S-Cross yang baru meluncur pun dapat tantangan dari pemimpin pasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com