AISI Siap Payungi Sepeda Motor Listrik

Kompas.com - 12/09/2016, 09:02 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Belakangan, beberapa merek di Indonesia mulai main-main dengan sepeda motor listrik. Garansindo misalnya, muncul dengan Zero Motorcycles dan hasil kolaborasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Gesits. Atau, merek lain yang mulai menunjukkan teknologi motor listrik, meski belum berani menjualnya secara terbuka.

Menyikapi hal ini, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mempersilakan bagi siapa saja merek yang ingin bermain motor listrik.

”Silakan saja. Kalau memang ada yang memikirkan ke arah sana. Bagaimana pun juga, barangnya sudah ada,” ucap Ketua Umum AISI Gunadi Sindhuwinata, (9/9/2016), di Jakarta.

Ketika ditanya soal regulasi yang selama ini menjadi kendala, Gunadi pun menyatakan bahwa hal ini masuk dalam pemikiran selanjutnya.

”Kami tetap memikirkan dan persiapkan, apa yang bisa dilakukan untuk menjamin keselamatan, emisi, dan lain-lain yang terkait dengan motor listrik hingga pada saatnya kita gulirkan kebijakannya,” kata Gunadi.

Dalam waktu dekat, Gunadi sebagai wakil dari industri sepeda motor, bakal mengikuti berbagai agenda internasional tentang sepeda motor listrik di Jerman. Tak hanya teknologi, pembicaraan bakal difokuskan juga pada sisi keselamatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.