Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengadu Motor Listrik Zero dengan Moge 600 Cc

Kompas.com - 05/09/2016, 18:21 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Banyak yang penasaran dengan performa sepeda motor listrik Zero yang dipasarkan PT Garansindo Technologies di Indonesia, termasuk KompasOtomotif. Meski sudah mengetesnya secara personal, namun kesempatan diadu dengan moge menjadi pembuktian sebenarnya.

Datanglah kesempatan itu dalam ajang Otomania Speed Zone Drag Bike 2016 yang diselenggarakan di Sirkuit BEZ Auto Center, Gading Serpong, Tangerang, (4/9/2016). Zero SR dengan baterai standar ZF11.4 diikutkan dalam kelas moge di atas 400 cc.

Ada dua lawan yang dihadapi, yakni Honda CBR600R dan Yamaha YZF-R6. Keduanya tak lagi standar, banyak komponen ”pendongkrak stamina” yang sudah terpasang, alias lawan Zero SR kali ini bukan moge sembarangan. Hasilnya?

KompasOtomotif menggebernya dua kali dalam trek lurus 200 meter, dan mencatatkan waktu terbaik naik Zero SR adalah 8,115 detik. Sementara CBR600R oprekan Tekno Tuner dan Mohar Speed Shop Tangerang mencatatkan waktu terbaik 7,394 detik yang ditunggangi Haris.

Sementara catatan waktu terbaik Yamaha R6 dari tim Bintang Cargotama Express meraih waktu terbaik 7,483 detik. Ya, Zero SR yang ditunggangi KompasOtomotif memang kalah hampir satu detik, tapi hasil itu sudah cukup impresif dan bikin heran penonton.

KompasOtomotif jadi teringat ucapan Managing Director Garansindo Technologies Dhani M Yahya saat peluncuran Zero Motorcycles, setahun yang lalu, bahwa Zero Motorcycles masuk dalam kategori sepeda motor besar premium yang performanya bisa diadu dengan moge bermesin konvensional.

”Kalau dilihat akselerasinya bisa sebanding dengan sepeda motor 1.000-1.200cc. Karena saat handel diputar, seketika torsi berlimpah keluar dan terus linear tanpa jeda. Hal ini bisa dilihat dari catatan spesifikasi yang menyebutkan waktu tempuh berakselerasi 0-100 kpj,” ujar Dhani saat itu.

Pembanding
Jika head to head dalam kondisi standar, Dhani berani menyebutkan Ducati Panigale 1199 sebagai lawan sepadan. Untuk berakselerasi, Zero model SR ZF11.4 tidak kalah. Di atas kertas, tenaga dan torsi sepeda motor listrik memang kalah besar. Namun torsi bisa mencapai titik puncak jauh lebih awal.

Data resmi Zero Motorcycles menunjukkan, waktu tempuh 0-100 kpj mampu diraih dalam waktu kurang dari 3,5 detik untuk model SR ZF11.4. Bandingkan dengan Panigale 1199 atau Yamaha R1 yang rata-rata akselerasi dari 0-100 kpj ditempuh lebih dari 4 detik, bahkan 5 detik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com