Taksi Otonomos Perdana Muncul di Singapura

Kompas.com - 26/08/2016, 07:02 WIB
Renault Zoe jadi taksi otonomos di Singapura. AutoblogRenault Zoe jadi taksi otonomos di Singapura.
|
EditorAgung Kurniawan

Singapurua, KompasOtomotif – Taksi dengan teknologi otonomos pertama di dunia resmi beroperasi, Kamis (25/8/2016). Singapura jadi negara perdana yang memberlakukan perpaduan teknologi canggih dan layanan jasa itu, operasi taksi dilakukan di kawasan khusus untuk publik terbatas.

Taksi tanpa pengemudi ini dikembangkan perusahaan bernama NuTonomy. Walau usia perusahaan asal Cambridge, Amerika Serikat ini baru tiga tahun, namun cukup mengejutkan jadi pelopor jasa semacam ini.

Lebih dulu dibanding Uber yang rencananya bakal meluncurkan teknologi serupa, bulan depan  bekerja sama dengan Volvo.

NuTonomy telah melakukan serangkaian pengujian di Singapura sejak April lalu. Sekarang, taksi otonomos itu bisa dijajal masyarakat secara gratis. Lewat aplikasi ponsel, publik bisa memesan salah satu di antara Renault Zoe atau mobil listrik Mitsubishi i-MiEV yang sudah dimodifikasi.

Sementara taksi mengemudi sendiri, insinyur NuTonomy tetap ikut di kabin buat memastikan sistem bekerja sempurna sekaligus jaga-jaga kalau terjadi kesalahan. Rencananya, taksi NuTonomy bakal mulai bekerja resmi pada 2018.

“Percobaan ini merepresentasikan kesempatan luar biasa untuk mendapatkan masukan dari penumpang di kondisi nyata. Masukan itu akan memberikan NuTonomy keuntungan unik selagi kami bekerja mengembangkan kendaraan fleet yang bisa mengemudi sendiri pada 2018,” ucap bos NuTonomy Karl Iagnemma, seperti diberitakan Bangkok Post



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X