Nostalgia Toyota 86 dengan “Initial D”

Kompas.com - 01/07/2016, 09:03 WIB
EditorAgung Kurniawan

London, KompasOtomotif – Setiap orang punya tayangan favorit di masa tumbuh dewasa. Bagi pencinta otomotif, tentu beberapa mobil legendaris seperti DeLorean DMC-12 dari film Back to the Future atau Aston Martin DB5 milik James Bond dalam Goldfinger bisa jadi pilihan. Tetapi, bicara film kartun atau komik khususnya, Toyota AE86 Sprinter Truneo dari serial Initial D, tentu sulit dilupakan.

Kali ini, Toyota Inggris mencoba membangkitkan semangat balap Truneo dalam salah satu model unggulannya, hachiroku alias 86.

Banyak yang bilang kalau Toyota 86 merupakan suksesor dari AE86 Corolla yang dilansir 1980. Keduanya punya karakter mirip, berpenggerak roda belakang, ringan, dan asyik diajak ngepot.

Karakter asli AE86 dari Initial D merupakan mobil hasil modifikasi yang realistis. Ceritanya tentang pengantar tahu yang mampu mengalahkan beberapa lawannya, mulai Mazda RX-7 sampai Honda S2000 dalam adu balap drift. Berkat komik ini, sosok Truneo AE86 menjadi budaya tersendiri bagi sebagian penggemar otomotif.

Carscoop.blogspot.com Salah satu ikonik anak muda penggemar komik dan otomotif.

Untuk membangkitkan nostalgia ini, Toyota Inggris kemudian memodifikasi 86 seolah menjadi reinkarnasi dari Truneo AE86. Semua perlengkapan serupa digunakan, mulai dari kap serat karbon, knalpot Fujitsubo, dan pelek F8 Watanabe berkelir hitam. Tentu cat serta detail tampilan luar juga dibuat semirip mungkin dengan karakter di komik.

Lebih serunya lagi, Toyota bahkan mengajak artis manga di Inggris, Sonia Leong, untuk menggambarkan sosok 86 bersanding bersama Truneo AE86 dalam gambar khas komik. Beberapa lembar karya tercipta, membuat nostalgia dengan Inital D jadi lebih nyata dengan Toyota 86.

Toyota memastikan, mobil ini hanya konsep. Beberapa komponen tentu bisa jadi inspirasi konsumen yang mau memodifikasi seperti yang dilakukan Toyota. Tetapi, pastinya konep ini akan diajak keliling ke beberapa pameran otomotif di Inggris, musim panas ini.

Carscoop.blogspot.com Dibuat seolah lembaran komik Initial D

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Carscoops
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.