Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nostalgia Toyota 86 dengan “Initial D”

Kompas.com - 01/07/2016, 09:03 WIB

London, KompasOtomotif – Setiap orang punya tayangan favorit di masa tumbuh dewasa. Bagi pencinta otomotif, tentu beberapa mobil legendaris seperti DeLorean DMC-12 dari film Back to the Future atau Aston Martin DB5 milik James Bond dalam Goldfinger bisa jadi pilihan. Tetapi, bicara film kartun atau komik khususnya, Toyota AE86 Sprinter Truneo dari serial Initial D, tentu sulit dilupakan.

Kali ini, Toyota Inggris mencoba membangkitkan semangat balap Truneo dalam salah satu model unggulannya, hachiroku alias 86.

Banyak yang bilang kalau Toyota 86 merupakan suksesor dari AE86 Corolla yang dilansir 1980. Keduanya punya karakter mirip, berpenggerak roda belakang, ringan, dan asyik diajak ngepot.

Karakter asli AE86 dari Initial D merupakan mobil hasil modifikasi yang realistis. Ceritanya tentang pengantar tahu yang mampu mengalahkan beberapa lawannya, mulai Mazda RX-7 sampai Honda S2000 dalam adu balap drift. Berkat komik ini, sosok Truneo AE86 menjadi budaya tersendiri bagi sebagian penggemar otomotif.

Carscoop.blogspot.com Salah satu ikonik anak muda penggemar komik dan otomotif.

Untuk membangkitkan nostalgia ini, Toyota Inggris kemudian memodifikasi 86 seolah menjadi reinkarnasi dari Truneo AE86. Semua perlengkapan serupa digunakan, mulai dari kap serat karbon, knalpot Fujitsubo, dan pelek F8 Watanabe berkelir hitam. Tentu cat serta detail tampilan luar juga dibuat semirip mungkin dengan karakter di komik.

Lebih serunya lagi, Toyota bahkan mengajak artis manga di Inggris, Sonia Leong, untuk menggambarkan sosok 86 bersanding bersama Truneo AE86 dalam gambar khas komik. Beberapa lembar karya tercipta, membuat nostalgia dengan Inital D jadi lebih nyata dengan Toyota 86.

Toyota memastikan, mobil ini hanya konsep. Beberapa komponen tentu bisa jadi inspirasi konsumen yang mau memodifikasi seperti yang dilakukan Toyota. Tetapi, pastinya konep ini akan diajak keliling ke beberapa pameran otomotif di Inggris, musim panas ini.

Carscoop.blogspot.com Dibuat seolah lembaran komik Initial D

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Carscoops
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com