Kompas.com - 04/05/2016, 16:31 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Aktivitas warga Jakarta di jalan raya saat libur nasional keagamaan pada 5 (Kamis) - 6 (Jumat) Mei disusul libur reguler akhir pekan diprediksi bakal lebih ramai dari biasanya. Buat mengantisipasi kemacetan di Ibu Kota, Polda Metro Jaya, telah menyiapkan rekayasa lalu lintas khusus agar situasi tetap tertib.

Dari keterangan Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto, Selasa (3/5/2016), diperkirakan volume kendaraan akan meninggi di jalan – jalan nasional, tol dalam kota arah keluar Jakarta, serta kawasan peribadahan, wisata, dan pusat perbelanjaan.

Khusus untuk jalan tol, Budiyanto memaparkan akan ada tiga skenario penanganan berdasarkan situasi dan kondisi di lapangan.

Skenario 1
1. Antrian kendaraan pada gerbang tol atau tempat peristirahatan (rest area) mencapai 1 - 5 km.
2. Cara bertindak petugas, membantu melancarkan proses transaksi pada gerbang tol, memberlakukan buka-tutup rest area dan menurunkan tim urai.

Skenario 2
1. Antrian kendaraan menjelang rest area lebih dari 5 km hingga terjadi gangguan Kamseltibcar Lantas (keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas). Laju kendaraan 0 – 5 kpj.
2. Cara bertindak petugas, melakukan kegiatan skenario 1, melalukan contra flow dan buka- tutup jalur keluar tol.

Skenario 3
1. Kondisi kepadatan dalam tol terbilang luar biasa atau ruang lalu lintas mengalami kapasitas kendaraan (akumulasi Skenario 1 dan 2 plus faktor lain).
2. Cara bertindak petugas, pengalihan arus kendaraan dari jalan tol ke jalur arteri.

Para petugas kepolisian ditempatkan untuk memantau, melakukan kegiatan preventif, dan menegakan hukum, mulai Rabu (4/5/2016). Budiyanto juga menjelaskan untuk mengurangi volume kendaraan pada 5 dan 6 Mei akan diberlakukan pengendalian kendaraan angkutan berat (sesuai edaran dari Dirjen Perhubungan Darat).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.