Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba Sepeda Motor Terbang (Video)

Kompas.com - 02/05/2016, 08:41 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Sumber Dailymail

London, KompasOtomotif – Melihat sepeda motor tanpa ban atau menyentuh aspal alias tebang, nampaknya sudah bukan lagi khayalan. Bahkan, bisa saja dalam lima atau sepuluh tahun lagi produk tersebut sudah bisa dibeli.

Colin Furze adalah salah satu ilmuwan yang Inggris baru saja menyelesaikan projek sepeda motor melayang atau terbang (hoverbike). Hasilnya bukan hanya sketsa gambar atau konsep yang selama ini sering dlihat, tetapi sudah berbentuk nyata, bahkan sudah diuji coba.

Mengutip dari Dailymail.co.uk, Minggu (1/5/2016) ide membuat sepeda motor masa depan ini, diawali dari permintaan penggemarnya, untuk membuat mesin yang bisa melayang. Hoverbike milik Furze dilengkapi dua kipas angin yang terhubung dengan motor listrik, lengkap dengan rangka dan frame kipas, sebagai pelindung pengendara dari putaran baling-baling.

Mesin yang dipasangkan pada kendaraan ini, memiliki daya dorong yang setara dengan 70 kg (154 lbs). Jadi secara teori,  Furze memerlukan dua mesin, untuk bisa mengangkat bobotnya dengan berat 80 kg, dan ditambah lagi dengan bobot rangka dan mesin terpasang.

Namun, Furze mengatakan, baling-baling Hoverbike ciptaannya, masih terlalu dekat dengan permukaan. Produk ini masih harus disempurnakan kembali.

“Membuat sesuatu yang melayang memang bukan pekerjaan mudah, apalagi dengan jarak yang cukup tinggi. Ke depannya akan mencoba membuat sasis dengan bobot yang lebih ringan,” ujar Furze.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com