Ekspedisi 'Jelajah Tanpa Batas' Dimulai dari Puncak Kelimutu

Kompas.com - 26/04/2016, 09:04 WIB
Tim Ekspedisi 'Jelajah Tanpa Batas' didampingi Nissan All New Navara, Eiger, dan Pertamina resmi dimulai. Atlet maraton Willem Sigar Tasiam (kanan) bersama Budi Nur Mukmin dari Nissan Motor Indonesia memulai seremoni perjalanan di puncak Gunung Kelimutu, NTT, Selasa (26/4/2016), Fikri Hidayat/Kompas.comTim Ekspedisi 'Jelajah Tanpa Batas' didampingi Nissan All New Navara, Eiger, dan Pertamina resmi dimulai. Atlet maraton Willem Sigar Tasiam (kanan) bersama Budi Nur Mukmin dari Nissan Motor Indonesia memulai seremoni perjalanan di puncak Gunung Kelimutu, NTT, Selasa (26/4/2016),
|
EditorAgung Kurniawan


Ende, KompasOtomotif - Tim Ekspedisi 'Jelajah Tanpa Batas' menggunakan Nissan All New Navara resmi dimulai. Atlet maraton Willem Sigar Tasiam akan menaklukkan 50 gunung dalam 40 hari, dari NTT sampai Sumbar.

Selasa (26/4/2016) pagi, sekitar pukul 04.00 Wita, rombongan ekspedisi 'Jelajah Tanpa Batas' berkumpul di Taman Nasional Kelimutu, Flores, NTT. Kelimutu adalah gunung pertama yang didaki Willem, sebelum siang harinya mendaki Gunung Inerie di Bajawa.

Sebelum mendaki, dua Mosalaki (pemuka adat Suku Lio di TN Kelimutu) melakukan upacara adat Pati Ka Ata Mbupu, yang dipercaya melancarkan perjalanan selama 40 hari mendatang. Upacara digelar di Pere Konde yang masih masuk dalam kawasan TN Kelimutu.

Dua orang Mosalaki, Panus dan Gaspa memimpin upacara. Pertama, mereka memotong ayam kemudian menaruh darahnya di wadah. Darah tersebut, bersama potongan ayamnya, dicampur dengan sirih pinang.

Willem Sigar, atlet maraton yang akan mendaki 50 gunung dalam 40 hari ikut memberikan campuran tembakau ke dalam wadah tersebut. Dua Mosalaki kemudian melantunkan doa-doa agar ekspedisi berlangsung lancar.

Perjalanan yang ditempuh tim kali ini langsung menantang, menghadapi tanjakan terjal dan tikungan tajam. Rombongan memanfaatkan betul Navara VL manual dan All New Nissan X-Trail 2.5L yang siap mengawal perjalanan.

Daya angkut maksimal dimanfaatkan tim untuk mengangkut berbagai macam kebutuhan, termasuk akomodasi pendakian dari Eiger. Asupan bahan bakar dari Pertamina Dex memastikan optimalisasi kemampuan mesin ketika Navara menghadapi medan berat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fikri Hidayat/Kompas.com Seremoni sederhana sebelum memulai petualangan di puncak Gunung Kelimutu, NTT, Selasa (26/4/2016).

Puncak

Sekitar pukul 05.00 Wita, rombongan termasuk Willem Sigar tiba di Puncak Kelimutu. Usai mengabadikan beberapa momen sunrise yang memukau, Willem pun kembali turun untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Bajawa.

Selain All New Navara, rombongan juga menggunakan All New Nissan X-Trail 2.5L. Siang ini Willem akan langsung mendaki Gunung Inerie di Bajawa. Jarak tempuh dari TN Kelimutu sampai Bajawa adalah 185 Km dengan waktu tempuh 5-6 jam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.