Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspedisi 'Jelajah Tanpa Batas' Dimulai dari Puncak Kelimutu

Kompas.com - 26/04/2016, 09:04 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis


Ende, KompasOtomotif - Tim Ekspedisi 'Jelajah Tanpa Batas' menggunakan Nissan All New Navara resmi dimulai. Atlet maraton Willem Sigar Tasiam akan menaklukkan 50 gunung dalam 40 hari, dari NTT sampai Sumbar.

Selasa (26/4/2016) pagi, sekitar pukul 04.00 Wita, rombongan ekspedisi 'Jelajah Tanpa Batas' berkumpul di Taman Nasional Kelimutu, Flores, NTT. Kelimutu adalah gunung pertama yang didaki Willem, sebelum siang harinya mendaki Gunung Inerie di Bajawa.

Sebelum mendaki, dua Mosalaki (pemuka adat Suku Lio di TN Kelimutu) melakukan upacara adat Pati Ka Ata Mbupu, yang dipercaya melancarkan perjalanan selama 40 hari mendatang. Upacara digelar di Pere Konde yang masih masuk dalam kawasan TN Kelimutu.

Dua orang Mosalaki, Panus dan Gaspa memimpin upacara. Pertama, mereka memotong ayam kemudian menaruh darahnya di wadah. Darah tersebut, bersama potongan ayamnya, dicampur dengan sirih pinang.

Willem Sigar, atlet maraton yang akan mendaki 50 gunung dalam 40 hari ikut memberikan campuran tembakau ke dalam wadah tersebut. Dua Mosalaki kemudian melantunkan doa-doa agar ekspedisi berlangsung lancar.

Perjalanan yang ditempuh tim kali ini langsung menantang, menghadapi tanjakan terjal dan tikungan tajam. Rombongan memanfaatkan betul Navara VL manual dan All New Nissan X-Trail 2.5L yang siap mengawal perjalanan.

Daya angkut maksimal dimanfaatkan tim untuk mengangkut berbagai macam kebutuhan, termasuk akomodasi pendakian dari Eiger. Asupan bahan bakar dari Pertamina Dex memastikan optimalisasi kemampuan mesin ketika Navara menghadapi medan berat.

Fikri Hidayat/Kompas.com Seremoni sederhana sebelum memulai petualangan di puncak Gunung Kelimutu, NTT, Selasa (26/4/2016).

Puncak

Sekitar pukul 05.00 Wita, rombongan termasuk Willem Sigar tiba di Puncak Kelimutu. Usai mengabadikan beberapa momen sunrise yang memukau, Willem pun kembali turun untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Bajawa.

Selain All New Navara, rombongan juga menggunakan All New Nissan X-Trail 2.5L. Siang ini Willem akan langsung mendaki Gunung Inerie di Bajawa. Jarak tempuh dari TN Kelimutu sampai Bajawa adalah 185 Km dengan waktu tempuh 5-6 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com