Alasan Supermoto Digandrungi Buat Harian

Kompas.com - 06/01/2016, 17:02 WIB
Deetan model supermoto yang tergabung dalam komunitas. Facebook CAOS CustombikeDeetan model supermoto yang tergabung dalam komunitas.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Banyaknya biker yang berpaling ke supermoto sebagai tunggangan harian bukan tanpa alasan. Fleksibilitas dan ketahanan menjadi salah satu faktor yang membuat model ini punya daya tarik khusus. Jalanan kota besar yang kerap ”tak ramah” juga bisa menjadi pemicu.

Model trail yang tinggi, tapi ban tak pakai jenis ”pacul”. Lampu-lampu lengkap, termasuk sein sudah terpasang. Kaca spion lengkap, ada dudukan pelat nomor, membuat motor jenis supemoto semakin lengkap untuk menyandang status sebagai tunggangan yang legal digunakan di jalan raya.

Lerry Rahmat Rizky, punggawa bengkel spesialis supermoto CAOS Custombike di Jl Pancoran Barat 8 no 6c, Jakarta, mengatakan kepada KompasOtomotif (6/1/2015), bahwa banyak keuntungan saat orang menunggangi supermoto.

”Kalau dipakai di jalan raya sudah tidak ada rasa khawatir kena lubang dan jalan gelombang. Tahu sendiri di Indonesia jalanan seperti apa, bahkan di Jakarta. Posturnya tinggi, jadi gak perlu khawatir terperosok. Lebih pede-lah,” kata Lerry.

Dirinya juga mengatakan bahwa tenaga sepeda motor ini sudah cukup besar, karena dibangun dari basis trail yang torsinya besar-besar. Misalnya, modifikasian Kawasaki KLX150 yang dijadikan supermoto, yang pada awalnya diciptakan untuk menaklukkan rintangan off-road yang notabene butuh torsi berlimpah.

Ditambahkan Lerry, kaki-kaki cukup kuat menopang bobot sepeda motor dan menghadapi jalanan yang rusak sekali pun. Hal ini juga yang membuat naik supermoto sangat stabil meski dipakai kencang. Soal keabsahan surat, pengguna juga tak perlu khawatir, karena tak mengubah STNK sama sekali.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X