Kompas.com - 24/11/2015, 09:21 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Karawang, KompasOtomotif – Kadar perubahan All-New Kijang Innova dibanding generasi sebelumnya mencapai 95 persen. Hanya sedikit bagian model lama yang digunakan pada produk terbaru.

Direktur Produksi Engineering Toyota Motor Manufaturing Indonesia (TMMIN) Karawang I, Nandi Julianto, menjelaskan, perubahan inti Innova seperti pada sasis, styling, performa, dan segi keamanan, turut membawa perubahan besar pada produksi komponen.

“Komponen yang sama standar part saja seperti baut dan lain-lain. Sebagian itu digunakan pada sasis baru, hanya sedikit yang ikut dibawa (dari generasi lama ke baru),” papar Nandi di pabrik Karawang I, Jawa Barat, Senin (16/11/2015).

Perubahan komponen juga termasuk di bagian mesin yang diproduksi di pabrik TMMIN di Sunter I, Jakarta Utara. Turmudi Sujiargiono, Executive General Manager Sunter Plant TMMIN, menjelaskan, dua pilihan mesin baru Innova telah berubah bukan hanya dari tenaga dan efisiensi bahan bakar tapi juga tingkat kebisingan.

Febri Ardani/KompasOtomotif Unit All-New Kijang Innova yang siap menjalani inspeksi kualitas.
Innova tetap menggunakan sasis rangka model sasis (ladder frame) dengan konfigurasi penggerak roda belakang. Namun sudah diperbarui sebagai bagian dari pengembangan platform IMV (International Multi-purpose Vehicle) bersama Hilux dan Fortuner terbaru.

TMMIN telah menginjeksikan dana Rp 5 triliun untuk merenovasi jalur produksi Innova di Karawang I. Bukan hanya itu, persiapan produksi Innova juga bagian strategi menyambut produksi All-New Fortuner.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.