Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persamaan Innova Lama dan Baru Cuma Baut

Kompas.com - 24/11/2015, 09:21 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Karawang, KompasOtomotif – Kadar perubahan All-New Kijang Innova dibanding generasi sebelumnya mencapai 95 persen. Hanya sedikit bagian model lama yang digunakan pada produk terbaru.

Direktur Produksi Engineering Toyota Motor Manufaturing Indonesia (TMMIN) Karawang I, Nandi Julianto, menjelaskan, perubahan inti Innova seperti pada sasis, styling, performa, dan segi keamanan, turut membawa perubahan besar pada produksi komponen.

“Komponen yang sama standar part saja seperti baut dan lain-lain. Sebagian itu digunakan pada sasis baru, hanya sedikit yang ikut dibawa (dari generasi lama ke baru),” papar Nandi di pabrik Karawang I, Jawa Barat, Senin (16/11/2015).

Perubahan komponen juga termasuk di bagian mesin yang diproduksi di pabrik TMMIN di Sunter I, Jakarta Utara. Turmudi Sujiargiono, Executive General Manager Sunter Plant TMMIN, menjelaskan, dua pilihan mesin baru Innova telah berubah bukan hanya dari tenaga dan efisiensi bahan bakar tapi juga tingkat kebisingan.

Febri Ardani/KompasOtomotif Unit All-New Kijang Innova yang siap menjalani inspeksi kualitas.
Innova tetap menggunakan sasis rangka model sasis (ladder frame) dengan konfigurasi penggerak roda belakang. Namun sudah diperbarui sebagai bagian dari pengembangan platform IMV (International Multi-purpose Vehicle) bersama Hilux dan Fortuner terbaru.

TMMIN telah menginjeksikan dana Rp 5 triliun untuk merenovasi jalur produksi Innova di Karawang I. Bukan hanya itu, persiapan produksi Innova juga bagian strategi menyambut produksi All-New Fortuner.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com