Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tokyo Motor Show 2015

Debut Dunia M4 GTS “Ngumpet” di Stan BMW

Kompas.com - 04/11/2015, 13:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Ratusan wartawan terlihat mengerubungi stan BMW saat tiba jadwal konferensi pers di pembukaan Tokyo Motor Show 2015, Rabu (28/10/2015). Salah satu momen penting yang dinantikan adalah debut dunia M4 GTS. Bila tidak berusaha masuk ke dalam stan, model M4 paling bertenaga itu tidak terlihat, entah kenapa BMW memposisikannya “ngumpet” di salah satu sudut stan.

Kendati demikian, M4 GTS menandai hal penting, BMW mengatakan untuk pertama kalinya Water Injection System yang biasa digunakan mobil balap ada pada model produksi. Hasilnya mesin standar M4,  6-silinder segaris 3.0L, dimaksimalkan hingga mencapai tenaga 493 tk atau lebih tinggi 16 persen. Sementara torsi meningkat 10 persen menjadi 600 Nm.

Febri Ardani/KompasOtomotif BMW M4 GTS.
Dipacu 0-100 kpj, model spesial ini hanya butuh 3,7 detik. Hasil uji di Nurburgring, M4 GTS berhasil menyelesaikan satu putaran dengan catatan waktu 7 menit 28 detik.

“Model edisi spesial menegaskan karakter merek BMW M dan menciptakan kekayaan emosional saat mendapat pengalaman berkendara eksklusif. Kami telah mengambil rute radikal menyiapkan BMW M4 GTS untuk menciptakan mesin buat trek balap yang menghasilkan hubungan dinamis kelas atas dan inspirasi performa,” ujar Frank van Meel, CEO BMW M GmbH dalam keterangan resminya.

Febri Ardani/KompasOtomotif Kabin dilengkapi roll bar.
Pembeda paling mencolok pada M4 GTS adalah elemen aerodinamis seperti spoiler di bagian depan dan sayap besar di belakang. Bobot dipangkas hingga 100 kg dari model M4, berkat penggunaan banyak material karbon di bodi dan menghilangkan jok belakang.

BMW M4 GTS hanya dibuat 700 unit, pasar pertama yang dituju adalah Amerika Serikat dengan kuota 300 unit.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com