Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki: Jimny Masih Proses Homologasi

Kompas.com - 30/09/2015, 10:01 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pada awal September 2015, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Suzuki di Indonesia tengah melakukan proses homologasi Jimny di Kementerian Perindustrian. Uji coba model ikonis Suzuki itu sampai saat ini masih terus berlangsung dan belum menemui garis finis.

Deputy 4W Managing Director PT SIS Davy J Tuilan menjelaskan, dari awal hingga akhir September ini belum ada perkembangannya. Menurutnya, Jimny masih proses homologasi di Kementerian Perindustrian. Ketika Davy ditanya, percaya dirikah Suzuki kalau proses homologasi Jimny akan memenuhi syarat?

“Homologasi tergantung pemerintah, saya tidak berani spekulasi, jadi saya serahkan ke pemerintah untuk mengecek semuanya,” ucap Davy kepada KompasOtomotif melalui pesan singkat, Selasa (29/9/2015) malam.

Davy melanjutkan, keperluan Suzuki melakukan proses homologasi Jimny itu karena sendiri karena ada konsumen fleet atau pembeli borongan yang ingin membeli. Tapi, perusahaannya apa, pria berkacamata ini masih menutup informasinya rapat-rapat.

Suzuki/carslogoblog.blogspot.com Suzuki tengah menyiapkan generasi baru Jimny.

Lebih dari itu, jika homologasinya selesai dan bisa dijual di Indonesia, Jimny, menurut Davy bisa dibanderol dengan harga yang tinggi, mengingat pajak yang diberlakukan oleh pemerintah Indonesia sangat besar untuk mobil impor utuh (Completely-built up/CBU).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com