Begini Cara Mudah Ganti Filter Isuzu Panther

Kompas.com - 19/07/2015, 08:03 WIB
|
EditorAzwar Ferdian
Jakarta, KompasOtomotif - Para pengguna Isuzu Panther pasti sudah akrab dengan tiga komponen saringan, yakni saringan udara, saringan solar dan saringan oli. Bila dalam kondisi darurat, ternyata mengganti saringan tersebut tidaklah sulit dan bisa dilakukan sendiri.

Mengganti tiga jenis saringan tersebut secara berkala sangat diperlukan untuk memaksimalkan kinerja mesin. Masalahnya, apabila sedang berada di luar kota seperti musim mudik saat ini, dikhawatirkan jauh dari bengkel, dan sudah sangat diperlukan untuk mengganti saringan. Tapi jangan khawatir, mengganti saringan tersebut tidaklah sulit.

"Mengganti saringan biasanya memang jarang dilakukan pemilik Panther. Sebenarnya bisa dilakukan sendiri dengan mudah. Kita tidak pernah tahu kapan kondisi saringan tersebut mengalami masalah khususnya saringan udara, yang cukup penting keberadaannya," ujar John Bobby, Divisi Spare Parts Isuzu Pramuka kepada KompasOtomotif, akhir pekan lalu.

Ghulam Kunci special yang digunakan untuk membuka atau mengencangkan filter oli dan filter solar.
Komponen saringan udara pda setiap mobil idealnya memang memiliki cadangan yang selalu dibawa. Bila sewaktu-waktu berada di daerah dengan kondisi udara kurang baik, filter udara bisa cepat kotor dan bisa langsung diganti.

Mengganti saringan udara sangat mudah dibanding saringan oli dan solar, karena hanya tinggal membuka kap mesin, lalu buka kancing-kancing soket, kemudian keluarkan filter udara yang lama dan masukkan yang baru. Posisinya persis ada di sisi paling depan sebelah kanan kap mobil.

Sementara buat mengganti filter solar dan filter oli, harus mempersiapkan special service tool (SST) untuk filter remover. Kemudian untuk filter solar, posisinya berada di belakang filter udara dan berwarna biru muda. Buka terlebih dahulu tiga bautnya, kemudian buka filter dengan menggunakan SST.

Usai dibuka, pasang filter yang baru dengan hanya memutarnya, namun pemutaran baiknya dilakukan dengan tangan. Prosedur ini berlaku juga untuk mengganti filter oli yang posisinya berada di bawah mobil, tepatnya berada disamping ban depan sebelah kanan, warnanya hitam.

"Melepaskan filter solar dan oli memang harus menggunakan kunci, namun untuk pemasangan sebaiknya gunakan tangan, dengan batas 3/4 putaran untuk mengencangkan. Setelah semua terpasang, hidupkan mesin kemudian periksa apakah ada kebocoran pada filter oli maupun solar," ujar John.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.