Mesin Diesel Baru Innova dan Fortuner yang Lebih Efisien

Kompas.com - 11/05/2015, 18:22 WIB
Mesin diesel turbo terbaru berkode GD akan menggantikan KD untuk Innova, Fortuner, dan Hilux terbaru. ToyotaMesin diesel turbo terbaru berkode GD akan menggantikan KD untuk Innova, Fortuner, dan Hilux terbaru.
|
EditorAzwar Ferdian

Vienna, KompasOtomotif — Toyota mulai menunjukkan mesin diesel baru yang diklaim jauh lebih efisien dan bertenaga. Jantung pacu yang diberi nama GD Series itu muncul dalam Vienna Motor Symposium, Vienna, Austria, 7-8 Mei 2015, dan akan digunakan pada generasi baru IMV Toyota, seperti Hilux, Fortuner, dan Innova.

Mesin diesel berkode GD itu akan menggantikan mesin lama berkode KD. Embel-embel barunya adalah "Economy with Superior Thermal Efficient Combustion (ESTEC)", terdiri dari tipe 2.8L 1GD-FTV dan 2.4L 2GD-FTV. Artinya, tak lama lagi mesin lama 3.0L 1KD-FTV dan 2.5L 2KD-FTV otomatis tergusur.

Tenaga maksimal mesin tipe 2.8L mencapai 177 tk @3.400 rpm, dan torsi puncaknya mencapai 450 Nm @1.600-2.400 rpm. Sementara itu, tipe 2.4L mampu menyemburkan tenaga 160 tk dan torsi 400 Nm. Hasil dan setelan kemungkinan berbeda tergantung negara atau model tertentu.

Mesin diesel GD ini tetap mengadopsi teknologi commonrail direct injection dengan tekanan 1.350 bar, ditambah dengan variable geometry turbocharger. Transmisi otomatik 6-percepatan dan manual 5-percepatan akan menjadi pasangannya.

Selain bakal digunakan pada generasi baru Hilux, Fortuner, dan Innova, mesin turbo ini juga kemungkinan bakal "digendong" oleh Land Cruiser Prado.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.