Kompas.com - 18/03/2015, 09:40 WIB
Kymco Downtown 125i, punya tampilan seperti Kawasaki J300, tapi dengan mesin lebih kecil. KymcoKymco Downtown 125i, punya tampilan seperti Kawasaki J300, tapi dengan mesin lebih kecil.
|
EditorAzwar Ferdian

Tokyo, KompasOtomotif - Kawasaki merupakan satu dari empat prinsipal sepeda motor (Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki) asal Jepang yang tidak punya model skuter untuk dipasarkan di pasar benua Biru. Tapi, hal itu mulai berubah setelah Kawasaki memperkenalkan J300 untuk Eropa.

Kini, sepertinya Kawasaki mulai memastikan kalau J300 akan menjadi satu-satunya skutiknya di pasar. Pasalnya, merek yang identik dengan kelir hijau ini sudah menyiapkan dua model lain, yakni J500 dan J125, terbukti dari pengajuan paten nama (tarde mark) untuk keduanya.

Menurut dokumen Harmonisasi Merek Eropa, yang diajukan Kawasaki, nama J500 dan J125 akan digunakan untuk nama model baru sepeda motor mereka.

Kymco

Hal menarik yang perlu digarisbawahi, adalah apakah dengan paten dua nama ini sekaligus memperpanjang kerja sama Kawasaki dengan Kymco. Pasalnya, Kawasaki J300 yang sudah dipasarkan di Eropa, adalah salah satu skutik milik Kymco, yakni Downtown 300i yang dipasarkan kembali dengan merek Jepang.

Menariknya lagi, Kymco juga punya skutik dengan mesin lebih kecil, yakni Downtown 125i atau G-Dink 125i yang punya tongkrongan mirip J300. Selain itu, sesuai dengan dua paten yang diajukan, Kymco juga punya Xciting 500Ri yang bisa menjadi pilihan basis Kawasaki J500.

Selain meneruskan kerja sama dengan Kymco, Kawasaki juga punya opsi lain, yakni mengembangkan sendiri skutik di bawah pusat riset dan penelitian perusahaan sendiri. Lisensi teknologi pada merek lain, bisa menjadi langkah awal Kawasaki untuk terjun ke segmen skutik lewat satu model. Tapi, kalau sudah mau menyasar ke segmen beragam, penelitian wajib dilakukan sendiri.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X