Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki Siapkan Skutik Baru 125cc

Kompas.com - 18/03/2015, 09:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Kawasaki merupakan satu dari empat prinsipal sepeda motor (Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki) asal Jepang yang tidak punya model skuter untuk dipasarkan di pasar benua Biru. Tapi, hal itu mulai berubah setelah Kawasaki memperkenalkan J300 untuk Eropa.

Kini, sepertinya Kawasaki mulai memastikan kalau J300 akan menjadi satu-satunya skutiknya di pasar. Pasalnya, merek yang identik dengan kelir hijau ini sudah menyiapkan dua model lain, yakni J500 dan J125, terbukti dari pengajuan paten nama (tarde mark) untuk keduanya.

Menurut dokumen Harmonisasi Merek Eropa, yang diajukan Kawasaki, nama J500 dan J125 akan digunakan untuk nama model baru sepeda motor mereka.

Kymco

Hal menarik yang perlu digarisbawahi, adalah apakah dengan paten dua nama ini sekaligus memperpanjang kerja sama Kawasaki dengan Kymco. Pasalnya, Kawasaki J300 yang sudah dipasarkan di Eropa, adalah salah satu skutik milik Kymco, yakni Downtown 300i yang dipasarkan kembali dengan merek Jepang.

Menariknya lagi, Kymco juga punya skutik dengan mesin lebih kecil, yakni Downtown 125i atau G-Dink 125i yang punya tongkrongan mirip J300. Selain itu, sesuai dengan dua paten yang diajukan, Kymco juga punya Xciting 500Ri yang bisa menjadi pilihan basis Kawasaki J500.

Selain meneruskan kerja sama dengan Kymco, Kawasaki juga punya opsi lain, yakni mengembangkan sendiri skutik di bawah pusat riset dan penelitian perusahaan sendiri. Lisensi teknologi pada merek lain, bisa menjadi langkah awal Kawasaki untuk terjun ke segmen skutik lewat satu model. Tapi, kalau sudah mau menyasar ke segmen beragam, penelitian wajib dilakukan sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com