Berapakah Pesangon Mantan Bos Ferrari?

Kompas.com - 12/09/2014, 09:40 WIB
Bos besar Ferrari, Luca di Montezemolo. FerrariBos besar Ferrari, Luca di Montezemolo.
|
EditorAris F. Harvenda

London, KompasOtomotif — Meski terasa berat, keputusan Luca Cordero di Montezemolo untuk mundur dari jabatannya memimpin Ferrari bukan tanpa ganti rugi. Pria yang sudah menduduki posisi nomor satu sejak 1991 itu akan menerima paket pesangon untuk kemunduran dirinya hingga 26,96 juta euro atau Rp 412,6 miliar.

Dari jumlah itu, setengahnya akan dibayar penuh pada awal tahun depan. Fiat, yang secara komposisi saham menguasai 90 persen saham Ferrari, memastikan kemunduran Montezemolo sebagai Presiden Ferrari mulai 13 Oktober 2014. Hari yang sama ketika Fiat Chrylser Automobiles (FCA) melakukan penawaran saham perdana (IPO) di lantai bursa New York.

Sergio Marchionne akan memperbesar tanggung jawabnya, selain menjadi CEO FCA juga memimpin Ferrari, sekaligus menggantikan posisi Montezemolo. Dalam pernyataan, Fiat mengatakan, Montezemolo (67) sepakat akan menerima bayaran 13,25 juta euro pada 31 Januari 2015. Selain itu, ia juga sepakat tidak untuk berkompetisi melawan Ferrari di perusahaan lain sampai Maret 2017.

Fiat melanjutkan, pihaknya akan membayar Montezemolo tambahan 13,71 juta euro lagi, yang setara dengan lima bulan gajinya sebagai bos Ferrari selama memimpin 20 tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.