Ini 15 Kota Ternyaman untuk Berkendara di Indonesia

Kompas.com - 11/07/2014, 10:00 WIB
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif - Jumlah kecelakaan lalu lintas dan jumlah kematian di jalan raya menjadi indikator kota atau kabupaten dalam mengelola sistem lalu lintas. Hal ini menjadi salah satu indikator Adira Insurance untuk menentukan kota-kota atau kabupaten di Indonesia yang paling "ramah" untuk pengguna jalan.

Dalam ajang Indonesia Road Safety Awards (IRSA) 2014, tahapannya sudah mencapai penyeleksian kota-kota menjadi 15 semifinalis. Kota-kota itu akan kembali melewati proses survei dan penjurian untuk diambil sebagai yang terbaik berdasarkan pilar-pilar yang ditentukan.

”Kami sudah mengamati kota/kabupaten baru yang lolos di babak awal ’IRSA 2014’ ini. Kami merasa bahwa dewan juri akan semakin sulit untuk menentukan pemenangnya. Karena kami melihat seluruh kota/kabupaten sudah mulai well prepared di segala bidang. Mulai tahap awal hingga penjurian. Kami gembira ajang ini menjadi pemicu semangat pemerintah kota/kabupaten untuk serius menerapkan tata kelola keselamatan jalan”, ujar Indra Baruna, Direktur Utama Adira Insurance, Kamis (10/7/2014).

Adapun pilar-pilar tersebut terdiri dari manajemen keselamatan jalan (safer management), jalan yang berkeselamatan (safer road), kendaraan yang berkeselamatan (safer vehicle), perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan (safer user), dan penanganan pra-pasca kecelakaan (post-crash response).

Berikut 15 kota atau kabupaten yang dianggap "ramah" dan aman untuk pengguna jalan, dinilai berdasar lima pilar tersebut, dan sudah melalui tahap survei dan seleksi ketat:

Kota Sedang : Kabupaten Bangli, Kabupaten Enrekang, Kota Probolinggo, Kota Yogyakarta.

Kota Besar : Kota Balikpapan, Kota Bogor, Kota Jambi, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Wonosobo.

Kota Metropolitan : Kota Bekasi, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Sleman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.