Kompas.com - 11/04/2014, 18:18 WIB
Tidak hanya penumpang, saat macet mesin kendaraan juga bisa stres. Kompas.comTidak hanya penumpang, saat macet mesin kendaraan juga bisa stres.
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Kondisi macet sudah menjadi menu utama. Pengemudi dan mesin mobil berpotensi mengalami stres. Perlu diketahui, dengan kondisi demikian karakter mengemudi di perkotaan lebih banyak stop and go. Masalahnya belum banyak pengendara yang paham efek buruk pengendalian itu mampu menimbulkan gesekan berlebih pada komponen internal mesin. Akibatnya tingkat keausan mesin lebih cepat terjadi.

Dengan kondisi seperti itu acuan penggantian oli menjadi lebih cepat. Sebab dalam kondisi macet jarak tidak lagi dijadikan tolok ukur untuk batas waktu penggantian oli mesin. Karena harus diperhitungkan pula waktu kerja (working hour) mesin tersebut saat berada di kemacetan.

Untuk mengantisipasi, Castrol punya salah satu solusinya, dengan menghadirkan oli untuk kondisi tersebut yakni MAgnatec Stop-Start. Diklaim formulasi yang terdapat di dalamnya mampu memberikan perlindungan 20 persen lebih baik dari oli biasa. Hal tersebut didapat dari molekul “pintar”, yang memiliki kemampuan tetap lengket di bagian paling penting dalam mesin, tidak mudah “luntur” saat mobil dalam kondisi diam.

Produk tersebut memiliki tingkat kekentalan 10W-30. Untuk ukuran 4 liter bisa di dapatkan dengan harga Rp 400.000. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.